Berita

Lembaga Penjaminan Mutu

Saturday, 16 July 2022

LPM UINSA Ikuti Penyegaran dan Persamaan Persepsi Asesor BKD tahun 2022

LPM Update, Kamis (16/07/2022); UIN Sunan Ampel Surabaya melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) mendapatkan kesempatan khusus dalam mengikuti Penyegaran Persamaan Persepsi Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen (PO BKD) Tahun 2022. Kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri dan dua perwakilan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang salah satunya adalah UIN Sunan Ampel Surabaya. LPM diwakili oleh Sekertaris LPM, Ahmad Yusuf, M.Kom. dan Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu Akademik, DR. H. Mohammad Hadi Sucipto, Lc., MHI. Kegiatan ini dilakukan secara luring di Surabaya selama 3 hari dari tanggal 16-18 Juli 2022. Acara ini bertujuan untuk memberikan pelatihan bagi asesor baru dan penyegaran bagi asesor BKD Nasional dengan PO BKD 2021. Kegiatan ini juga menunjang inovasi dalam mengintegrasikan pedoman BKD Universitas sesuai dengan PO BKD 2021. 

Kegiatan ini dibuka oleh Nizam sebagai Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, serta Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Bapak Dr. Moh. Sofwan Effendi, M.Ed. Selanjutnya paparan terkait Penyegaran Persamaan Persepsi Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen (PO BKD) oleh beberapa narasumber yaitu Prof. Dr. Eko Hadi Sujiono, M.Si. (UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR), Prof. Dr. Rambat Nur Sasongko (UNIVERSITAS BENGKULU), Prof. Dwi Suhartanto (POLITEKNIK NEGERI BANDUNG), Prof.Dr. Hj. Aan Komariah,M.Pd. (UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA), Dr. Eng. Zainal Arief, ST., MT. (POLITEKNIK TEKNOLOGI NUKLIR INDONESIA) yang meliputi 5 bidang pada PO BKD yaitu Pendidikan, Pengajaran, Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Penunjang.

Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah sosialiasi PO BKD 2021 kepada asesor dan seluruh dosen UIN Sunan Ampel Surabaya. Sosialisasi khususnya pada asesor BKD internal dilakukan dalam rangka persiapan penyegaran dan persamaan persepsi PO BKD serta asesmen kepada seluruh asesor internal. Dengan penyegaran dan persamaan persepsi PO BKD diharapkan nantinya asesor siap dalam melakukan penilaian BKD Dosen sesuai dengan pedoman baik melalui sistem internal atau jika nantinya terintegrasi pada Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER). [ay]