Berita
Laksanakan FGD Evaluasi Kegiatan Penguatan Kapasitas Literasi Digital Warga Sekolah Mitra, Tim Pengabdian Prodi PBI FTK Hadirkan Sekolah Mitra, Dosen, dan Mahasiswa

Dalam menindaklanjuti rangkaian kegiatan Penguatan Kapasitas Literasi Digital Warga Sekolah Mitra Prodi Pendidikan Bahasa Inggris melalui Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Aset (ABCD), Tim Pengabdian Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FTK UIN Sunan Ampel Surabaya yang juga tergabung dalam Foreign Language Service Learning Center (FLSLC) menyelenggarakan Focused Group Discussion Evaluasi Kegiatan pada Sabtu (17/9) di The Origin Café yang berlokasi di Jalan Raya Jemursari No. 157, Kendangsari, Surabaya.

Kepala Sekolah dan guru mitra Prodi PBI FTK selama pelaksanaan kegiatan pengabdian, dari SMP Muhammadiyah 4 Surabaya dan SMA An Najiyah Surabaya, dihadirkan pada acara yang dilangsungkan pada pukul 14.00 hingga 16.00 sore ini. Sejumlah dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FTK dan 15 orang mahasiswa juga dilibatkan untuk melengkapi evaluasi dari berbagai unsur dan sudut pandang. Pembukaan acara dilakukan oleh Afida Safriani, M.A., Ph.D selaku ketua Foreign Language Service Learning Center (FLSLC) dan disambut oleh Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FTK, Rakhmawati, M.Pd.

Selanjutnya, sharing Focused Group Discussion membahas 4 poin penting terkait kegiatan penguatan kapasitas literasi digital warga sekolah mitra prodi pendidikan bahasa inggris melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat berbasis aset (ABCD) yang telah dilakukan sejauh ini. Keempat poin tersebut meliputi 1) materi pola pengembangan masyarakat, 2) pengimplementasian aplikasi pengembangan digital, 3) distribusi bersama mengenai asset dan pola pembelajaran, 4) presentasi dan evaluasi Flipbook sebagai media pembelajaran.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan evaluasi kegiatan pendampingan dan expose hasil Service Learning. Tidak tertinggal, bahasan terkait dengan integrasi Service Learning pada matakuliah Instructional Media and Material Development juga menjadi hal yang didiskusikan oleh setiap unsur pada kegiatan evaluasi ini, baik sekolah mitra, prodi, dan juga mahasiswa. Dengan adanya evaluasi ini, arah kegiatan Service Learning Prodi PBI akan bertindak lanjut pada keberlangsungan program dan juga pengembangan jalinan kemitraan.