Berita

Surabaya, 16 Agustus 2024 – Aula Utama Masjid Raya Ulul Albab UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi saksi berlangsungnya acara Lailatut Tarhib wa At Ta’aruf yang digelar pada hari Jumat, 16 Agustus 2024. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan awal bagi para mahasantri baru Ma’had UIN Sunan Ampel Surabaya.

Kegiatan yang penuh makna ini dihadiri oleh Prof. Dr. KH. Saiful Jazil, M. Ag selaku Mudir Ma’had Al Jami’ah, Rochimah, M. Fil. I sebagai Koordinator Ma’had Putri, dan Bahtiyar Rifa’i, M. Pd. I sebagai Koordinator Ma’had Putra. Turut hadir dalam acara ini para Muwajjih/Muwajjihah, Musa’id Musa’idah dan seluruh mahasantri putra dan putri yang akan memulai kehidupan barunya sebagai penghuni Ma’had UIN Sunan Ampel Surabaya.

Acara dimulai dengan doa dan tahlil bersama yang dipanjatkan untuk para pahlawan kemerdekaan, muassis atau pendiri kampus UIN Sunan Ampel Surabaya, para masyayikh, dosen, dan seluruh keluarga besar UIN Sunan Ampel Surabaya yang telah wafat. Dengan penuh khidmat, doa dipanjatkan agar mereka mendapatkan tempat yang mulia di sisi-Nya.

Dalam sambutannya, Rochimah menyampaikan pesan penting kepada para mahasantri untuk menerima dengan lapang dada seluruh proses yang akan dijalani. Ia mengingatkan agar tidak ada yang merasa terpaksa atau mengeluh dalam menjalani kehidupan di Ma’had. “Insyaallah, ini adalah jalan terbaik yang telah Allah tetapkan untuk kita semuanya,” ujar Rochimah dengan penuh keyakinan.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Saiful Jazil juga memberikan nasihat spiritual dengan mengutip kalam dari Athoillah as-Sakandari, yang menekankan pentingnya keikhlasan dalam menjalani setiap proses kehidupan, termasuk dalam menuntut ilmu dan beribadah di Ma’had.

Kegiatan Lailatut Tarhib wa At Ta’aruf ini menandai awal perjalanan para mahasantri dalam menempuh pendidikan dan kehidupan berasrama di Ma’had UIN Sunan Ampel Surabaya, dengan harapan agar mereka dapat menjalani proses ini dengan penuh keikhlasan dan semangat.