Berita

 

Pada tanggal 8 dan 9 Agustus 2024 Dapartemen Pendidikan dan Penalaran Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA Algebra) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) melaksanakan salah satu program kerja tahunannya yakni MATRIKULASI atau Masa Temu Mahasiswa Baru Program Studi Matematika Berlandaskan Integrasi. Kegiatan MATRIKULASI ini berfokus pada mahasiswa baru Angkatan 2024 guna memperkenalkan secara umum terkait dunia perkuliahan dan mata kuliah yang akan ditempuh selama satu semester kedepan serta sebagai sarana untuk mempererat kekeluargaan antar sesama warga HIMATIKA Algebra. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai ajang perkenalan awal antar sesama mahasiswa baru dimana sebagian dari mereka memiliki latar belakang yang berbeda seperti pesantren, SMA/MA, SMK, sehingga memiliki intensitas penguasaan basic matematika yang berbeda.

              Tema yang diangkat pada tahun ini yakni EULER (Eksplorasi pengenalan dan pengUatan matematika daLam mEnggali kReativitas berpikir). Acara ini berjalan lancar karena didukung dengan antusiasme mahasiswa baru matematika yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Di dalam kegiatan yang berlangsung  selama 2 hari ini terdapat pengenalan mata kuliah, pengenalan dosen, pengenalan prodi matematika, motivasi belajar, dan juga inagurasi antar kelompok mahasiswa baru.

              Di hari pertama terdapat pembukaan acara yang diisi sambutan-sambutan, diantaranya sambutan dari Ketua Pelaksana yaitu Wahyu Ningtiyas Mergianti, Ketua Himatika Algebra yaitu Syukron Abdul Aziz, dilanjut Pembina Himatika Algebra yaitu Ibu Hani Khaulasari, M.Si, serta diakhiri sambutan oleh Ketua Program Studi Matematika yaitu Ibu Yuniar Farida, M.T. Setelah sesi sambutan selesai, mahasiswa baru diarahkan untuk memasuki kelas yang telah dibagi oleh panitia guna mengikuti sesi pengenalan mata kuliah yang akan ditempuh selama satu semester kedepan. Adapun mata kuliah yang diperkenalkan yakni kalkulus disampaikan oleh Bapak Ahmad Hanif Asyhari, M.Si, Dasar Pemrograman oleh Ibu Nurissaidah Ulinnuha, M.Kom, materi Konsep Dasar Matematika oleh Bapak Dr. Moh. Hafiyusholeh, M.Si., M.PMat. Peserta dibagi menjadi dua bagian secara rata dimana akan ditempatkan pada kelas A dan B yang masing masing bergantian materi. Setiap sesi mata kuliah terdapat Pre Test dan Post Test, Pre Test ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta terkait materi yang akan disampaikan. Setelah materi disampaikan dilanjut dengan Post Test yang bertujuan untuk mengetahui tinkat pemahaman peserta terhadap mata kuliah yang telah disampaikan. Pada kelas A mata kuliah pertama yang diajarkan yakni Kalkulus, sedangkan kelas B adalah Dasar Pemrograman. Selanjutnya materi kedua untuk kelas A adalah Konsep Dasar Matematika, sedangkan kelas B adalah Kalkulus. Sesi materi terjeda oleh ishoma yang diisi oleh sholat dan makan di kelas. Setelah ishoma selesai dilanjut dengan materi terakhir untuk kelas A adalah Dasar Pemrograman dan kelas B adalah Konsep Dasar Matematika. Setelah materi terakhir selesai, mahasiswa baru dipersilahkan untuk pulang. Kegiatan di hari pertama ini di akhiri dengan evaluasi panitia.

              hari kedua terdapat materi pengenalan prodi yang diisi oleh Ibu Yuniar Farida, M.T. Pengenalan Prodi ini bertujuan untuk memperkenalkan program studi matematika mencakup visi misi, profil lulusan matematika, hal hal yang ada di prodi matematika, kegiatan belajar, dosen prodi matematika, dan juga pengenalan sistem SKS, sistem pendukung akademik, serta KRS (Kartu Rencana Studi). Setelah pengenalan prodi dilanjut dengan motivasi belajar yang diisi oleh Dr. Abdulloh Hamid, M.Pd. Motivasi belajar kali ini menyungsung tema “Bagaimana Menjadi Mahasiwa Berprestasi di Zaman AI (Artificial Intellegence)”.  Adapun pembahasan motivasi belajar ini yakni mahasiswa baru diberikan strategi dan trik dalam menghadapi  AI. Peserta mendengarkan sesi motivasi belajar ini dengan sangat antusias. Berakhirnya sesi motivasi belajar dilanjut dengan penampilan inagurasi mahasiswa baru, setiap kelompok mempersembahkan sebuah penampilan. Adapun penampilan inagurasi pertama yakni oleh kelompok Gamma yang menyanyikan lagu Bunda dan Laskar Pelangi. Penampilan inagurasi kedua terjeda oleh ishoma yang diisi oleh sholat jumatan di masjid UINSA (bagi laki-laki), sholat dhuhur di musholla (bagi perempuan) dan juga makan Bersama oleh peserta  dan panitia. Setelah ishoma berakhir dilanjut dengan penampilan inagurasi kedua yakni oleh kelompok Omega yang menampilkan Sholawat Nariyah, Busyroh Lana, dan Anta Syamsun. Penampilan inagurasi ketiga yakni oleh kelompok Alpha yang menampilan drama dengan judul “Ku kira asli ternyata palsu”, dan yang terakhir penampilan inagurasi oleh kelompok Beta yakni menampilkan Pantomim dengan judul “Bahaya gadget.”

              Berakhirnya penampilan inagurasi dilanjut dengan sesi game dadu matematika. Game ini dapat mengasah kemampuan  peserta dalam menghitung dengan cepat dan tepat serta melatih kekompakan antar anggota kelompok, Adapun gambaran game dadu matematika ini yakni 5 orang maju didepan dimana setiap anaknya memegang dadu, lalu anggota kelompok yang tersisa bertugas sebagai tim penghitung di tempat masing masing. Soal dibacakan oleh MC dan tim penghitung harus menghitung dengan cepat dan benar, setelah mendapatkan hasil perhitungan maka tim penghitung harus membisikkan hasil hitungannya kepada temannya yang memegang dadu, kemudian 5 orang yang memegang dadu ini akan menyusun hasil hitungan tersebut dengan angka pada dadu, setelah berhasil menyusun maka tim yang terlebih dahulu selesai akan mendapatkan point. Setelah sesi game dilanjut dengan penampilan after movie kegiatan selama dua hari ini, dan di akhiri dengan pengumumaan nominasi, Adapun nominasi dengan kategori maba terbaik putra dan putri dimenangkan oleh Muhammad Rizqi Agung Bahtiar dan Siti Silvia Yolanda, Kategori Pre Test terbaik putra dan putri dimenangkan oleh Fajar Shidiq dan Aisyah Aprillia, Kategori Post Test terbaik dimenangkan oleh Ahmad Riyan Maulana dan Puti Novitasari. Setelah itu dilanjut dengan pembacaan nominasi kelompok, kategori kelompok terheboh dimenangkan oleh kelompok Gamma, kategori kelompok terkompak dimenangkan oleh kelompok Omega, kategori kelompok terkeren dimenangkan oleh kelompok Beta, dan kategori kelompok Terbaik dimenangkan oleh kelompok Alpha. Acara MATRIKULASI 2024 diakhiri dengan penutupan yang diisi dengan sepatah dua kata oleh Ketua Pelaksana yakni Wahyu Ningtiyas Mergianti dan Ketua Himatika Algebra yakni Syukron Abdul Aziz dan di akhiri dengan sesi foto Bersama.

 

              Dengan terlaksananya acara ini, kami berharap mahasiswa baru dapat cepat beradaptasi dengan lingkungan prodi matematika, dan juga ilmu yang didapatkan selama mengikuti kegiatan ini dapat bermanfaat baik untuk sekarang atau di masa yang akan datang. Serta rasa kekeluargaan antar warga Himatika dapat terwujud dengan adanya acara ini.