Prof. Tagawa mengunjungi Lab. Marine Environmental

Surabaya, 13 Oktober 2023 — Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menerima kunjungan dari Professor Kunifumi Tagawa, Direktur Marine Biology Laboratory Hiroshima University, Jepang, pada Jumat, 13 Oktober 2023.

Kunjungan Professor Tagawa merupakan langkah penting dalam upaya mempererat kerja sama internasional antara Lab FST UINSA dan Hiroshima University di bidang ilmu kelautan dan Biologi. Dalam kunjungannya, Professor Tagawa berkesempatan untuk melakukan lab tour ke beberapa laboratorium seperti Marine Environmental Laboratory, Genetics and Biomolecular Laboratory, Instrumentation Laboratory, dan Microbiology Laboratory.

Prof. Tagawa mengunjungi Lab. Kimia Dasar

Kepala Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi UINSA, Yuanita Rachmawati, M.Sc., menyambut hangat kedatangan Professor Tagawa dan menyatakan kegembiraannya dalam membangun kolaborasi ilmiah yang bermanfaat antara kedua institusi. “Kunjungan ini tidak hanya memperkuat jaringan akademik antara UINSA dan Hiroshima University, tetapi juga membuka peluang bagi pertukaran pengetahuan dan pengalaman dalam penelitian kelautan,” ujar Yuanita.

Selama kunjungannya, Professor Tagawa juga berdiskusi dengan dosen dan peneliti Lab FST UINSA. Momen ini dimafaatkan sebagai kesempatan untuk bertukar ide dan rencana projek penelitian.

Prof. Tagawa mengunjungi Lab. Genetika dan Biologi Molekular

Professor Tagawa menyatakan rasa kagumnya terhadap fasilitas dan potensi riset yang dimiliki oleh Lab FST UINSA. “I am very impressed with UINSA’s commitment to improve the quality of research and education in the marine biology sector. This collaboration will bring great benefits to both, UINSA and Hiroshima University,” kata Professor Tagawa.

Kerjasama ini diharapkan dapat menghasilkan penelitian-penelitian inovatif, publikasi ilmiah bersama, dan pertukaran mahasiswa serta peneliti antara kedua institusi. Lab FST UINSA dan Marine Biology Laboratory Hiroshima University berharap dapat bersama-sama memberikan kontribusi positif dalam pemahaman dan pelestarian sumber daya kelautan global.