Berita


UINSA Newsroom, Kamis (19/10/2023); Dalam rangka menyambut serta memeriahkan Peringatan Hari Santri 2023, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar serangkaian kegiatan. Salah satunya ‘Dzikir dan doa UINSA untuk Negeri’ yang digelar pada Kamis, 19 Oktober 2023 di Masjid Raya Ulul Albab Kampus A. Yani UINSA Surabaya. Kegiatan ini menghadirkan segenap maha santri, pengurus Ma’had Al Jami’ah, serta tim manajemen UINSA Surabaya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Muhid, M.Ag., dalam pengarahannya mengajak kepada segenap maha santri untuk meneladani hikmah kesantrian. Serta semangat juang para santri dalam memperjuangkan kemerdekaan dan menjaga keutuhan NKRI.

Tema Hari Santri 2013, ‘Jihad Santri, Jayakan Negeri,’ menurut Wakil Rektor, menegaskan tentang tuh jihad para santri yang menjadi cikal bakal tercetusnya Hari Pahlawan 10 November. Dimana starting pointnya dimulai dari tanggal 22 Oktober melalui ‘Resolusi Jihad’ yang digelorakan para santri, yang kemudian diperingati sebagai Hari Santri Nasional.

“Semangat itulah yang harus kita aktualisasi kan ke dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Prof. Muhid.

Sebagai mahasiswa, lanjut Wakil Rektor, semangat dan motivasi untuk belajar dan sukses harus diaktualisasikan selama belajar di kampus dan kehidupan sehari-hari.
Selanjutnya, sebagai dosen atau tenaga kependidikan, imbuh Wakil Rektor, semangat jihad harus tercermin dalam loyalitas kerja sehari-hari.

“Oleh karena itu, kita harus bisa memetik semangat jihad santri dengan semangat untuk membaktikan diri kepada Bangsa Indonesia,” tegas Prof. Muhid.

Peringatan Hari Santri 2023, diharapkan Wakil Rektor, dapat memantik kembali semangat meraih prestasi serta profesionalisme kerja untuk bangsa dan negara.

Kegiatan ditutup dengan doa bersama yang dipimpin Kepala Pusat Ma’had Al Jami’ah, Prof. Dr. H. Saiful Jamil, M.Ag. Serta pembacaan sholawat dan Mars Yalal Wathon. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Foto: Dinda