Foto bersama dengan para aslab dan civitas akademika FST UINSA

Surabaya, 17 Oktober 2023 — Lab Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya melangsungkan acara pelantikan Asisten Laboratorium (Aslab) pada Selasa, 17 Oktober 2023. Pelantikan ini melibatkan 69 Asisten Laboratorium (Aslab) yang berasal dari mahasiswa program studi yang ada di FST. Acara ini menandai komitmen Lab FST UINSA dalam mendukung kualitas pendidikan dan penelitian di lingkungan akademik.

Pelantikan Aslab ini mencakup 58 laboratorium yang tersebar di seluruh Fakultas, melibatkan Laboratorium Fakultas, Laboratorium Biologi, Laboratorium Ilmu Kelautan, Laboratorium Matematika, Laboratorium Teknik Sipil, Laboratorium Teknik Lingkungan, Laboratorium Sistem Informasi, dan Laboratorium Arsitektur.

Penyematan id card aslab oleh Bapak Dekan sebagai simbolis pelantikan

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UINSA, Dr. Asep Saepul Hamdani, M.Pd., menekankan pentingnya peran Aslab dalam mendukung kegiatan praktikum, penelitian, dan pengembangan ilmu di laboratorium. “Pelantikan ini bukan hanya sebagai simbol pengakuan terhadap prestasi dan dedikasi mahasiswa, tetapi juga sebagai langkah strategis untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran praktis di laboratorium,” ujar Dr. Asep.

Pembacaan ikrar Aslab diikuti dengan penuh semangat oleh semua Aslab

Pengurus laboratorium yang baru dilantik akan bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan praktikum, pengelolaan fasilitas laboratorium, serta mendukung asisten praktikum dan dosen dalam pelaksanaan kegiatan praktik mata kuliah. Mereka dipilih melalui proses seleksi yang ketat, memastikan bahwa mereka memiliki kualifikasi dan keterampilan yang diperlukan untuk mendukung kegiatan akademik di FST UINSA.

Perwakilan Aslab dalam penyematan id card berfoto bersama Bapak Dekan

Acara pelantikan dihadiri oleh Dekan beserta jajarannya, dosen, mahasiswa, dan pihak-pihak terkait lainnya yang turut menyaksikan momen bersejarah ini. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi Aslab yang baru dilantik untuk berinteraksi dengan dosen dan Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) serta mendapatkan arahan mengenai tugas dan tanggung jawab mereka.

Aslab Fakultas dan Biologi sedang berpose bersama

Lab FST UINSA berharap bahwa pelantikan ini tidak hanya akan memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan dan penelitian di FST, tetapi juga akan menjadi motivasi bagi Aslab untuk terus berprestasi dan berkontribusi dalam memajukan ilmu pengetahuan di lingkungan akademik.