Berita
Kunjungan Universitas Darussalam Gontor

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya menerima kunjungan dari Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor pada hari rabu tanggal 14 September 2022. Pada kunjungan tersebut, UNIDA bermaksud untuk belajar dan sharing pengalaman tentang asesmen lapangan yang dilakukan oleh lembaga akreditasi mandiri di bidang ekonomi manajemen, bisnis, dan akuntansi (LAMEMBA) program studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Ampel Surabaya serta menjalin kerjasama dengan FEBI UINSA untuk pengembangan dan pembinaan tri dharma perguruan tinggi.

Pada saat sharing session, Bapak Dr. Sirajul Arifin, S.Ag., S.S., M.E.I. selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menceritakan proses asesmen lapangan. Dijelaskan dari datangnya asesor, proses asesmen lapangan hingga menjelang penutupan. Beliau memberikan pesan penting terkait dengan hospitality yang perlu disiapkan dengan baik. “Penyambutan kepada asesor janganlah terlalu berlebihan tapi tetap dalam koridor wajar dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk asesor”, ungkap Dr. Sirajul Arifin.

Pada saat proses asesmen lapangan, memang harus diupayakan pada semua dokumen sudah siap diberikan kepada para asesor ketika asesor meminta dokumen. “Siapkan juga dengan matang terkait dengan dokumen yang terkait dengan international terutama dokumen dokumen MOU, karena pada LAMEMBA dibutuhkan lebih dari 53 indikator dari 74 indikator harus dipenuhi jika ingin mendapatkan predikat unggul”, ucap Dr. Sirajul Arifin. 

Pada akhir kunjungan, UNIDA dan UINSA melakukan tanda tangan kerjasama terkait dengan Pengembangan dan Pembinaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penandatanganan ini dilakukan oleh Dekan FEBI Uinsa, Wakil Dekan III FEBI Uinsa, dan Dekan FEM Unida Gontor. [misp]