Berita
Hadirkan Ketua Umum Himpunan Pengembang Kurikulum Indonesia, LPTK UINSA Gelar Desain  Kurikulum Prodi PPG

Rabu, 14 September 2022. Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya gelar kegiatan desain kurikulum Prodi PPG selama 2 (dua) hari dengan menghadirkan 4 (empat) pemateri dari berbagai lembaga. Kegiatan tersebut bertempat di lantai 5 GreenSa Inn Sidoarjo yang diikuti oleh 35 peserta yang terbagi ke dalam delapan kelompok kecil sesuai bidang studi PPG yang ada di LPTK UINSA.

Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FTK UINSA dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa keberadaan kurikulum prodi adalah hal yang mutlak karena dokumen tersebut merupakan pedoman dalam penyelenggaran segala aktifitas keprodian. Kurikulum Prodi PPG harus didesain menyesuaikan perkembangan zaman guna mencetak guru profesional yakni guru bukan sekedar transfer of knowledge tetapi juga melakukan transfer of value. Pendidikan merupakan senjata utama yang bisa mengubah dunia maka dari prodi PPG diharapkan mampu mencetak pendidik yang mampu mengubah Indonesia.

Sajian materi pelaksanaan desain kurikulum prodi PPG terdiri dari : Kebijakan Kurikulum PPG oleh Dr. Abdul Rozak, M.Si (Dosen FTK UIN Jakarta, Tim Pokja PPG Ditjen Pendis Kemenag), PPG Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Kurikulum PPG oleh Dr. Nino Indrianto, M.Pd. (Kaprodi PPG UIN KHAS Jember), Struktur Kurikulum PPG (Dosen UPI, Ketua Umum Himpunan Kurikulum Indonesia, dan pemateri yang terakhir yakni review kurikulum prodi PPG oleh Dr. Zainul Slam, M.Pd. (Kaprodi PPG UIN Jakarta)

“Kalau mau melihat kualitas sebuah madrasah maka lihat gurunya. Olehnya itu prodi PPG harus memberikan penguatan kepada guru agar bisa meningkatkan kualitas peserta didiknnya” ucap Prof. Dinn. Lebih lanjut beliau memaparkan bahwa untuk menyusun kurikulum wajib memperhatikan : (1) Tujuan yang ingin dia capai; (2) Menetapkan isi/bahan ajar baik PPG Daljab maupun PPF Prajab; (3) Delivery system yakni cara yang digunakan/system penyampaian untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai serta (4) Asessment untuk mengetahui tingkat pencapaian yang telah ditetapkan sekaligus sebagai bahan untuk perbaikan kurikulum kedepannya.

Draft kurikulum prodi PPG dibagi kepada delapan bidang studi yakni : Pendidikan Agama Islam (PAI), Fikih, Akidah Akhlak, Qur’an Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Bahasa Arab, Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah (GKMI) dan Guru Kelas Raudhotul Athfal (GKRA). Draf kurikulum tersebut dicermati, dianalisis dan direview kemudian direvisi selanjutnya dikompilasi untuk dijadikan pijakan dalam  penyelenggaraan PPG di LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya