Berita

UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi PTKIN tujuan PPL STIUDA Bangkalan tahun ini. Kegiatan ini menjadi program tahunan prodi yang wajib diikuti oleh mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) semester 7 yang ingin menyelesaikan tugas akhirnya. Partisipan dalam kegiatan tersebut kurang lebih diikuti oleh 39 mahasiswa yang terdiri dari 10 mahasiswa dan 29 mahasiswi.

Kegiatan PPL dilaksanakan dalam kurun waktu 5 hari tepatnya dimulai pada Senin 26 Agustus 2024 hingga Jum’at mendatang. Rangkaian kegiatan di hari pertama dan kedua diisi dengan pendalaman materi Prodi IAT meliputi Tafsir Maqhasidi, Kajian Barat Al-Qur’an, Tafsir Kontemporer, dan Tafsir Nusantara yang diadakan di ruang Laboratorium FUF.

Kegiatan PPL STIUDA di Prodi IAT FUF UINSA. (Sumber: Dokumentasi Tim Media Center FUF)

Di hari ketiga dan keempat disusul dengan bimbingan oleh para dosen IAT mengenai pendalaman keempat materi di atas yang dilakukan di ruang gedung B3 FUF. Model bimbingan berkelompok dengan dibagi menjadi 5 kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 7 atau 8 orang. Selain itu, mahasiswa STIUDA juga diarahkan menuju perpustakaan UINSA untuk melakukan penelitian lapangan disana. 

Di hari terakhir agenda kegiatan ini, para mahasiswa STIUDA diberi tugas untuk mempresentasikan rencana judul penelitian. Output dari adanya kegiatan ini, mahasiswa dituntut untuk mampu membuat mini proposal.

Berbagai rangkaian acara dari awal hingga akhir tidak luput dari arahan serta bimbingan dari para dosen di antaranya Wildah Nurul Islami M.Th.I, Dr. Fejrian Yazdajird Iwanebel S.Th.I, M.Hum, Naufal Cholily M.Th.I, dan Dr. Moh Yardho, M.Th.I.

Acara ini cukup menuai penilaian positif sebagaimana dituturkan oleh salah satu mahasiswi STIUDA “Betah, nyaman banget disini. Para dosen pengajarnya sangat luar biasa dalam membimbing kami semua. Sangat mengayomi dan merangkul kami,” ujar Difa.   

Penulis: Siti Maftucha
Editor: Nadya Saadah