Berita

KUALITAS JADI PENILAIAN, INI PESAN REKTOR BAGI PENERIMA BANTUAN PENELITIAN 2023

UINSA Newsroom, Rabu (15/02/2023) Rabu, 15 Februari 2023 UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) menggelar Penandatanganan Perjanjian Kontrak/MoU Penerima Bantuan Penelitian. Acara berlangsung di Ruang Sidang lantai 9 Tower Teungku Ismail Yakub pada pukul 09.30 WIB. Dihadiri perwakilan dosen dari masing-masing fakultas.

Dr. H. Achmad Zaini, MA., selaku Ketua LP2M dalam laporannya menjelaskan, terdapat 150 penerima bantuan dengan total biaya keseluruhan 6,2 Miliar. Proses penelitian pun akan dilaksanakan mulai 15 Februari-15 Agustus 2023.

Sementara itu, Rektor UINSA Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., menegaskan, bahwa para penerima bantuan penelitian ini didasarkan atas kualitas tulisan bukan titipan. Karenanya, bantuan penelitian ini harus dibuktikan dengan tulisan riset yang berkualitas.

“Gak ada namanya titipan nama, semua yang mendapat bantuan hari ini murni atas kualitas tulisan,” tegas Prof. Muzakki.

Lebih lanjut, Rektor juga menghimbau pada dosen, lektor, asisten ahli, dan seluruh tenaga pendidik untuk menghasilkan buku. Minimal harus ada satu buku dalam jangka satu tahun. Di tahun 2023 setidaknya ada 300 karya dari hasil proses penelitian ini. 150 karya harus terindeks di jurnal internasional dan sisanya ter-upload di Sinta 2,3, dan 4.

Di akhir sambutan, Rektor juga berharap melalui program ini bisa menghasilkan karya dari hasil pikiran dosen UINSA.

“Untuk saat ini yang menulis buku atau karya tidak hanya guru besar, tetapi juga para tenaga pendidik. Kita sudah siapkan rumah publikasi di gedung rektorat lama untuk pendampingan penelitian dan publikasi. Saya berharap dengan adanya program ini bisa muncul karya ilmiah dari tangan ibu bapak yang keren,” tuturnya.

Acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin langsung Prof. Dr. H. Saiful Jazil. “Main bola di lapangan bersama anak tersayang. Bapak ibu boleh senang, akhir tahun jangan lupa tagihan dan jangan menghilang”, ujar Ketua LP2M menutup sambutan dengan pantun. (Irm-Jhd/Magang22)