Berita

KRU DAKWAH TV FDK UINSA BELAJAR TEKNIK PRODUKSI VIDEO DARI KABIRO KOMPAS TV JATIM

FDK UINSA NEWSROOM – RABU (01/02/2023) Sebanyak 10 orang kru tetap Dakwah TV FDK UINSA mendapatkan materi tentang teknik produksi dan edit video dari Kompas TV Biro Jawa Timur. Materi tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Kompas TV Jawa Timur Wachid Mukaidori dan Juru Kamera Kompas TV Jawa Timur Wahyu Anggana di Ruang Sidang FDK pada Rabu (1/2). Pada kesempatan tersebut, Dekan FDK UINSA Dr. Moch. Choirul Arif, S.Ag., M.Fil.I. dan Koordinator Dakwah TV FDK UINSA Nur Romdlon Maslahul Adi, M.Pd. ikut mendampingi pemaparan materi yang berjalan santai tersebut.

Pada pertemuan tersebut, Wachid Mukaidori dan Wahyu Anggana langsung meminta ditayangkan video hasil produksi Dakwah TV FDK UINSA untuk dibedah. Juru Kamera Kompas TV Jawa Timur Wahyu Anggana memberikan evaluasi video yang ditayangkan, mulai dari proses pengambilan gambar hingga detail-detail lainnya. Tidak hanya itu saja, Wahyu juga mengingatkan bahwa perlu adanya koordinasi tim dalam mempersiapkan produksi yang akan datang.

“Perlu diperhatikan detail-detail setiap pengambilan gambar. Tolong nantinya dapat diperhatikan lagi peletakan komponennya,“ tambahnya.

Kepala Biro Kompas TV Jawa Timur Wachid Mukaidori menyampaikan bahwa evaluasi hasil produksi Dakwah TV ini tidak hanya untuk kepentingan kerjasama Dakwah TV UINSA dengan Kompa TV Jawa Timur, tetapi juga sekaligus memberikan pengetahuan yang baru kepada kru Dakwah TV UINSA terhadap berbagai aturan dalam memproduksi video di industri televisi Indonesia.

”Saya terbuka untuk kita bisa berdiskusi dan sharing tentang produksi. Tetapi yang saya sampaikan ini menjadi pengetahuan baru bagi teman-teman bagaimana membuat produksi video sesuai dengan standard televisi, khususnya di Kompas TV,“ ungkap Wachid Mukaidori.

Dr. Moch. Choirul Arif, S.Ag., M.Fil.I. selaku Dekan FDK UINSA merespons baik materi yang diberikan oleh  Wachid Mukaidori dan Wahyu Anggana. Materi tersebut, menurut Dr. Moch. Choirul Arif, S.Ag., M.Fil.I., menjadi tambahan pengetahuan bagi Kru Dakwah TV FDK UINSA untuk bisa memproduksi video lebih baik lagi.

“Detail teknik pengambilan video hingga proses editing yang disampaikan perlu diperhatikan. Dengan begitu, diharapkan menjadi pembelajaran baru bagi para tim produksi untuk mempersiapkan produksi lebih  matang,“ ungkap Dekan FDK

Ke depan, Tim Kompas TV Jawa Timur akan mendampingi kru Dakwah TV dalam proses produksi video sesuai standar industri televisi. (Syifa’)