Berita

FAREWELL GATHERING IO-UINSA BERSAMA MAHASISWA PROGRAM STUDENT EXCHANGE FUF DAN UKM MALAYSIA

IO Newsroom, Kamis (02/02/2023); Internasional Office UINSA mengadakan Farewell gathering bertempat di kantor Pusat Layanan Internasional (International Office/IO) di gedung Tengku Ismail Yakub lantai 2 pada Kamis 26 Januari 2023. Acara lepas kenang ini dihadiri beberapa mahasiswa asing program student exchange Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM).

Adalah Huda, Syawani, Aqila, dan Amira telah menyelesaikan studi selama 6 bulan dan akan kembali ke Malaysia. Dalam acara ini, turut hadir beberapa mahasiswa asing dari Negara lain seperti Somalia dan Thailand.

Kegiatan ini berlangsung ‘full of fun and full of learning.’ Dalam acara yang juga disebut sebagai ‘bertukar kulineri khas’ ini disediakan masakan sederhana khas Jawa dan juga minuman khas Malaysia. Dalam acara yang berlangsung setengah hari ini juga terjadi diskusi santai baik antara mahasiswa asing maupun juga dengan para tim Internasional Office. Diantaranya membahas tentang manfaat-manfaat yang telah dicapai Para Mahasiswi UKM Malaysia yang menghabiskan 1 semester studi di Indonesia khususnya di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Hadir juga Muysrifah dari Ma’had UINSA yang selama ini ikut mendampingi dalam berbagai program di Ma’had. Termasuk ekstrakurikuler seperti wisata ke Banyuwangi dan juga ketika program di Semarang. Farewell gathering berjalan dengan lancar dan menghasilkan beberapa kesepakatan. Diantaranya adalah komitmen untuk melanjutkan relasi atau silaturahim jangka panjang, serta komitmen untuk bisa lebih kreatif menghasilkan beberapa program yang mengoptimalkan dampak.

Di antara strateginya adalah penyelenggaraan online workshop yang mana materinya dan termasuk narasumbernya bisa diinisiasi dan difasilitasi para peserta student exchange didampingi IO dan prodi. “Hal ini tentu membuka peluang akan adanya penambahan jumlah mahasiswa asing dalam program pendek, meskipun acara tersebut kemungkinan besar akan dilaksanakan secara online,” Nabiela Naily, S.Si., M.HI., M.A., Kepala PLI/IO.

Pada akhirnya, peserta program student exchange UINSA-UKM (FUF-ilmu Hadith) menyampaikan banyak sekali apreasiasi dan feedback positif terkait pengalaman mereka selama di UINSA. Beberapa poin penting adalah meliputi kesan pembelajaran di prodi, tradisi ber-santri di ma’had, dan juga engagement dengan tim IO.

“Mereka juga senang karena mendapatkan beberapa penguatan kapasitas di luar UINSA seperti ke Semarang dan lain sebagainya. Harapannya, semua manfaat ini bisa membawa kebaikan bagi UINSA dan juga Universitas Mitra. Semoga,” tukasnya. (NN-Ar)