Berita

Geliat pengembangan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di UIN Sunan Ampel Surabaya terus tumbuh. Setelah sebelumnya melaksanakan tiga kali Bimbingan Teknis Pengajar dan Pengelola BIPA, kemudian membuka kelas BIPA daring sebanyak hampir 200 pemelajar, serta dilanjutkan dengan mengajarkan BIPA pada 3 kelas untuk mahasiswa internasional dalam dua semester terakhir. Kali ini BIPA PPB UINSA berkolaborasi dengan berbagai instansi untuk peningkatan internasionalisasi Bahasa Indonesia dengan bergabung pada APPBIPA Cabang Jawa Timur.

Taufiqurrohman Koordinator BIPA PPB UINSA ikut dilantik dalam Pelantikan Pengurus APPBIPA Cabang Jawa Timur 2024-2028 secara daring pada tanggal 10 Maret 2024. Ketua APPBIPA Pusat, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd melantik secara daring tujuh cabang APPBIPA secara serentak yaitu APPBIPA Jogjakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, Papua, Papua Barat Daya, dan Gorontalo. Setelah memberi pengarahan mengenai program BIPA, beliau melantik seluruh pengurus baru dan kemudian seluruh peserta melakukan ikrar pengurus yang dipimpin oleh masing-masing ketua cabang.

Mukhzamilah S.S, S.Pd, M.Ed terpilih menjadi Ketua APPBIPA Jawa Timur Tahun 2024-2028 menggantikan Dr. Gatut Susanto, M.M, M.Pd yang saat ini menjadi Ketua 2 APPBIPA Pusat. Sedangkan Dr. Taufiqurrohman,M.Pd.I, Kordinator BIPA UINSA masuk dalam bidang Publikasi dan Humas. Kepengurusan yang beranggotakan dari berbagai instansi, diharapkan menjadi media kolaborasi dan sinergi yang apik untuk melakukan internasionilasi Bahasa Indonesia, khususnya di UIN Sunan Ampel Surabaya. Dr. Taufiqurrohman,M.Pd.I, Kordinator BIPA UINSA siap mendukung dan memperluas jaringan BIPA Jawa Timur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran BIPA secara komprehensif di Jawa Timur.