Berita
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Rolitik (FISIP) UIN Sunan Ampel Surabaya melaksanaan kegiatan pembinaan dan pendampingan kepenulisan bagi mahasiswa yang tergabung dalam komunitas menulis Fisip (Fisip Writing Community) di laboratorium Hubungan Internasional, Jum’at, (01/09/2023).
 
Prof. Dr. H. Abdul Chalik, M.Ag, membuka kegiatan pembinaan pada pukul 09.45 WIB hingga 11.20 WIB bersama puluhan mahasiswa/i ilmu politik. Kegiatan pembinaan dan pendampingan kepenulisan ini merupakan implementasi program fisip juara yang merupakan ikhtiar pimpinan Fisip untuk memfasilitasi mahasiswa mengembangkan bakat, minat dan keterampilan yang dimiliki.

Fisip Writing Community ini diperioritaskan agar mahasiswa mengenal lebih mendalam kepenulisan yang baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Ingris. Melalui program Fisip Writing Community diharapkan dapat menumbuhkembangkan minat menulis mahasiswa.
 
Pada kegiatan perdana, Prof. Dr. H. Abdul Chalik, M.Ag mengatakan pentingnya menulis dalam dunia akademik dan pentingnya komunitas menulis untuk melahirkan tulisan yang berkualitas dan penulis yang hebat.

 “Akan saya sampaikan di awal, bahwa kegiatan menulis ini merupakan kegiatan yang melelahkan dan buat jenuh sehingga hanya manusia-manusia yang mempunyai jiwa petarug “fighter” yang tinggi yang akan bisa melewatinya. Seorang penulis adalah petarung, jadi saya berharap mahasiswa yang tergabung disini mempunyai jiwa petarung itu.” jelasnya.

Lebih lanjut, Prof. Dr. H. Abdul Chalik, M.Ag menjelaskan bagaimana cara menulis pendahuluan yang baik dan menarik. Menurutnya, bagi seorang penulis yang hebat paragraf pembuka adalah kunci, oleh karena itu paragraf pertama di pendahuluan harus berisi gagasan penting yang berisi isu pokok sesuai konteks dan topik artikel yang dibahas. Kemudian setelahnya berisi argumentasi penulis yang mendalam. Di sini, perlu digarisbawahi bahwa kalimat-kalimat pada pendahuluan khususnya kalimat pertama harus mencari kalimat yang “bombastis” atau “menendang” agar pembaca lebih penasaran untuk membaca artikel yang kita tulis.

Selanjutnya paragraf kedua, ketiga, dan keempat merupakan penjelasan dari paragraf pertama. Sementara pada paragraf kelima dan keenam, kita bisa membahas tentang masalah tersebut yang didasari oleh pemikiran orang lain/pakar/ahli dengan menyebutkan beberapa pendapat. Lanjut pada paragraf ketujuh, kita bisa memberikan pandangan dan pendapat kita terhadap masalah yang diangkat dalam artikel. Biasanya di bagian akhir terlihat letak kontribusi penulis dalam topik yang diangkat. Pada paragraf delapan kita bisa menulis maksud dan tujuan kita, dan di bagian akhir kita harus menjelaskan secara singkat semua yang mendukung argumentasi dan pembahasan-pembahasan dalam artikel.

Selain menyampaikan materi kepenulisan, Prof. Dr. H. Abdul Chalik, M.Ag juga melakukan bedah artikel ilmiah dan memberikan contoh singkat kepada mahasiswa agar bisa lebih paham terkait materi yang sudah dijelaskan. Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai masalah-masalah apa saja yang belum dipahami sehingga diskusi tidak hanya berlangsung satu arah. (agn/um)