Berita

Berita Magang MBKM Prodi MPI:

“Kolaborasi Sukses: Mahasiswa MPI bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo Sosialisasikan Petunjuk Teknis BOS 2024”

Mahasiswa Prodi MPI yang sedang melakukan magang di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo membantu kegiatan sosialisasi petunjuk teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2024.  Kegiatan yang berlangsung selama empat hari, 4-7 Maret 2024, diresmikan oleh Ibu Nanik Sumarviati, S.Pd., M.Pd, Kepala Seksi Pembinaan Kelembagaan dan Pembinaan Pendidikan Dasar. Bertempat di Aula SMPN 4 Sidoarjo, kegiatan ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan perencanaan, penata usahaan, pengelolaan, dan pelaporan dana BOSREG dan BOSDA di seluruh sekolah SD dan SMP di Kabupaten Sidoarjo, sekaligus memperkenalkan aplikasi ARKAS sebagai alat bantu.

Mahasiswa MPI yang terlibat kegiatan ini adalah Ni’matul Fauziyah dan Fatkhiyatur Rizkiyah, mereka mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Selaku Dosen Pembimbing, Anis Sukmawati, M.Pd sangat mendukung aktivitas yang dilakukan oleh para mahasiswa magang.

Seluruh sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo  terlibat dan berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi ini. Undangan peserta meliputi bendahara, juru buku, atau perwakilan dari masing-masing sekolah, dengan pembagian waktu sesuai kecamatan yang ada. Jumlah total peserta ada 577 sekolah SD dan 187 SMP negeri dan swasta di Kabupaten Sidoarjo.

sesi tanya jawab dengan pemateri

Pada acara tersebut, beberapa pemateri dari anggota tim manajemen BOS, inspektorat kabupaten, dinas pendidikan, dan BPKAD turut memberikan kontribusi. Materi yang disampaikan mencakup petunjuk teknis manajemen ARKAS, penata usahaan keuangan daerah, petunjuk teknis BOSDA 2024, pokok-pokok kebijakan BOSP tahun 2024, serta pengawasan Dana BOS pemerintah daerah Kabupaten Sidoarjo.

Dari kegiatan ini diharapkan agar dapat memberikan bantuan dan kemudahan kepada bendahara BOS di setiap sekolah, dalam merencanakan, menata usaha, mengelola, dan melaporkan BKU, serta memanfaatkan aplikasi ARKAS sebagai alat pelaporan keluar masuknya dana BOSDA dan BOSREG. Para mahasiswa sangat bangga dan senang dapat mengikuti kegiatan ini. Mereka akan lebih aktif lagi dalam mendukung kegiatan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo, sebagai tempat magang MBKM mereka. (ni/as/fr)