Berita

UINSA Newsroom, Senin (25/09/2023); Lembaga Pendidikan PAUD UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya melangsungkan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H. Berkolaborasi dengan Halal Center UINSA, acara ini diadakan di Gedung PAUD UINSA pada Senin, 25 September 2023.

Bertajuk “Mengikuti Akhlak Rasulku, Makanan Halal Pilihanku” anak didik PAUD UINSA ikut menyemarakkan berbagai rangkaian kegiatan yang diselenggarakan. Siti Mutmainah, S.S., M.Sos selaku Pendamping Proses Produk Halal (P3H) Center UINSA Surabaya mengatakan, bahwa kegiatan ini menjadi salah satu bentuk dari kampanye produk halal sejak dini.

“Mereka sebelumnya membuat video ajakan soal mengkonsumsi makanan dan minuman halal,” terang Ina. Video dari anak adik PAUD UINSA ini menjadi rangkaian kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H.

Didampingi orang tua wali acara ini berjalan sukses dan meriah. Kegiatan ini pun diharapkan memberi pengalaman baru bagi anak didik PAUD UINSA, serta turut berpartisipasi dalam pemilihan Duta Halal Kids.

Para peserta pun dengan berani unjuk diri berjalan sembari melambaikan tangan layaknya catwalk seorang model. Penampilan ini mereka tujukan kepada kedua dewan juri yakni Ny. Erna Mawati selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) UINSA dan Ustad Achmad Munajib selaku guru mengaji PAUD UINSA.

Sebagai nilai tambah, para juri pun menilai pengetahuan mereka dengan memberikan pertanyaan mengenai makanan, minuman, dan hewan yang halal dikonsumsi. Peserta didik PAUD UINSA juga diuji berkenaan dengan akhlak dan moralitas melalui pertanyaan perbuatan baik dan buruk.

Hal ini tentunya menjadi pelajaran bagi peserta didik PAUD UINSA dalam membedakan perbuatan yang baik maupun buruk. Para Bunda PAUD UINSA juga menyemarakkan kegiatan dengan berbagai jajanan dan souvenir yang digantung di Gedung PAUD UINSA Surabaya.

Ustad Munajib selaku guru mengaji pun setuju adanya kegiatan ini memberikan dampak baik bagi anak didik PAUD UINSA. “Ada peningkatan komunikatif dan percaya diri pada diri mereka,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Ny. Erna Mawati, bahwa kegiatan ini sangat mendidik anak-anak sejak dini dalam mengetahui makanan dan logo halal. “Mereka jadi bisa memilih makanan mana yang halal dan tidak,“ tutur Erna. Ia juga berharap ke depannya dengan berbagai kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas LPPAUD UINSA dalam mendidik akhlak dan moralitas anak. (Syf/Magang23)

Penulis dan Foto: Syifa‘ Yahyania Awim Tasya
Redaktur: Nur Hayati