Berita
Kolaborasi Dosen, Guru Pamong dan Mahasiswa PPG UINSA Berkolaborasi untuk mewujudkan guru Profesional

PPG News, Minggu, 4 September 2022. Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) gelar briefing review Perangkat Pembelajaran (PP),  proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan persiapan pelaksanaan Peer Teaching (PT). Kegiatan Briefing dilakukan secara daring melalui platform zoom meeting dan diikuti seluruh mahasiswa PPG Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Madrasah se LPTK UINSA.

Melalui sambutannya kaprodi PPG Ibu Ainun Syarifah, M.Pd.I mengingatkan kepada mahasiswa untuk menuntaskan tugas pada tahapan yakni tugas Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan proposal Penelitian Tindakan Kelas sekaligus mengecek penilaian pada masing-masing tugas yang sudah direvisi dan dipastikan bahwa seluruh telah tuntas sebelum masuk pada tahapan review.

Mekanisme pelaksanaan review disampaikan oleh Juhaeni, M.Pd.I (Sekprodi PPG). Pelaksanaan review perangkat pembelajaran dan review proposal Penelitian Tindakan Kelas serta pelaksanaan Peer Teaching akan dilaksanakan selama 8 hari yakni mulai tanggal 5 s.d 13 September 2022. Proses pelaksanaan review perangkat pembelajaran dan proposal PTK dilakukan oleh dosen, guru pamong dan teman sejawat sementara pelaksanaan peer teaching dilakukan secara daring dengan durasi waktu 30 menit  setiap mahasiswa. 

Materi selanjutnya yakni simulasi pengoperasian LMS untuk tahapan lokakarya review disampaikan oleh Muhammad Syahru Ahmad, S.Pd (Admin LPTK). Setiap mahasiswa wajib mengupload perangkat pembelajaran lengkap begitupun dengan proposal PTK beserta instrumennya untuk selanjutnya di review oleh dosen dan guru pamong. Bagi mahasiswa wajib melakukan review/penilaian teman sejawat terhadap perangkat pembelajaran dan proposal PTK yang telah disusun oleh temannya sebagai syarat untuk bisa melanjutkan ke tahapan peer teaching. [Aini].