UINSA Surabaya_ Sembilan belas (19) mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Sunan Ampel Surabaya diberangkatkan ke Selangor Malaysia dalam  agenda iInternational student mobility and community services program atau KKN Internasional, Senin ( 21/08/2023).
 
Mahasiswa KKN internasional tiba bersama dengan dua pendamping KKN internasional Fatoni Hakim, M.Si dan Dr. Moh. Ilyas Rolis, M.Si pada jam 14.50 WIB di Selangor Malaysia. Kedua pendamping mengantarkan mahasiswa ke empat lokasi pengabdian masyarakat, masing-masing di Ma’had An-Nahdlah Tanjong Sepat Selangor Malaysia, Kampung Sungai Ramal, Surau Al-Amin Bandar Baru, Bangi, dan dan Ranting PCI NU Malaysia.

Rombongan mahasiswa dan pendamping KKN internasional disambut langsung oleh Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCI NU) Malaysia di kediaman Haji Hakim. Tema pengabdian kepada masyarakat yang disepakati pada kegiatan International Student Mobility and Community Services Program  ini berupa pendampingan pendidikan anak-anak migran Indonesia (educational assitance for migrant children) dan pendampingan pendidikan fiqh dasar bagi santri (basiq fiqh education assistance for students) di Ma’had An-Nahdlah Selangor Malaysia.

Menurut Wakil Dekan II, Dr. Aneik Nurhayati, selain mengantarkan dan memasrahkan mahasiswa ke empat lokasi pengabdian,  pendamping KKN internasional juga akan berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI)di Kuala Lumpur Malaysia.

“Hari ini dan besok dua pendamping (Fatoni Hakim, M.Si dan Dr. Ilyas Rolis) selain mengantarkan dan memasrahkan mahasiswa ke masing-masing tempat  KKN internasional, juga akan berkoordinasi dengan KBRI Malaysia” terangnya.

Sekedar untuk diketahui, program International Studen Mobility and Community Service Program ini merupakan program rintisan pengabdian masyarakat internasional Fisip yang dilaksanakan di tahun 2023. Seluruh mahasiswa KKN internasional nantinya akan melakukan pengabdian selama 29 hari di Selangor Malaysia.

“Alhamdulilah mitra kami, Pengurus PCI NU Malaysia merupakan mitra yang sangat membantu dalam program ritisan pengabdian masyarakat internasional di fisip Uinsa “ Ungkap Aniek Nurhayati lewat pesan di Group Wathsap.

Sementara itu, sekretaris jurusan, Zaky Ismail, M.Si mengatakan, bahwa KKN internasional yang dilakukan Fisip dilaksanakan dengan skema pengabdian masyarakat dan KKN internasional. “skemanya adalag pengabdian masyarakat dan kkn internasional” terangnya.

Sebelumnya, tim manajemen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya telah menandatangani MoA (Memorandom of Agrement) terkait kegiatan International Student Mobility and Community Services Program (KKN Internasional) mahasiswa FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya dengan Pengurus PCI NU Malaysia dI Kantor PCI NU Malaysia tanggal 4 Juli 2023.