Berita

Minggu, 19 Februari 2023 yang bertempat di Gedung Sport Center UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) telah diselenggarakan wisuda yang ke-102. Kabar gembira teruntuk Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) tidak hanya merayakan para mahasiswa/i. Tetapi, ada salah satu momen unik yang sungguh tak terduga. Pasalnya, Bapak Muh. Solihudin,M.H.I salah satu Ketua Gugus Kendal Mutu (GKM) dan Dosen FSH baru saja meraih gelar Doktor (Dr.) dari Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya.

Potret beliau bersama istri tercinta
Potret beliau bersama istri tercinta
Potret beliau duduk bersama mahasiswa wisuda ke-102
Potret beliau duduk bersama mahasiswa wisuda ke-102

Maka dari itu, Ketua GKM Publik Islam FSH UINSA turut serta dalam acara wisuda ke-102 bersama mahasiswa/i FSH yang lainnya. Sebelum para mahasiswa/i FSH naik keatas panggung, beliau memberikan wejangan dan motivasi diatas mimbar. Para mahasiswa/i FSH yang menyaksikan hal tersebut penuh dengan haru disertai kebahagiaan. Siapa sangka dosen yang biasanya mengajar di kelas saat ini duduk bersama mahasiswa/i dan memberikan motivasi bagi para Sarjana.

Tentu saja hal tersebut menjadi sebuah momentum yang unik dan langka. Bagi banyak orang, itu merupakan sebuah keberuntungan karena bisa duduk bersama orang hebat seperti beliau. Siapa yang mengira, hal itu justru menyentuh hati semua orang bukan hanya mahasiswa/i FSH saja, tetapi fakultas lain ikut merasakan hal tersebut. Dapat diamati bahwasannya ada sebuah pelajaran berharga yang bisa diambil dari momen ini. Semua ini menunjukkan jika proses belajar mengajar bukan hanya di kelas saja bahkan hanya sebatas hubungan antara dosen dan mahasiswa.

Hubungan Dosen dan Mahasiswa

Hubungan dosen dan mahasiswa tidak hanya lebih dari proses belajar saja. Dosen bisa menjadi teman belajar, dan melaksanakan proses belajar bersama mahasiswanya. Dosen dan mahasiswa harus bisa saling melengkapi. Momen berharga dan bersejarah ini tentu saja tidak bisa dilupakan oleh Dr. Muh. Solihudin, M.H.I. Dibalik kerja keras dan tantangan mampu beliau lewati dan dibuktikan dengan prestasi. Perjalanan yang beliau lalui tak selalu mudah, namun karena semangat yang membara itulah beliau terus berjuang.

“Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil” mungkin kalimat ini cukup mewakili perjuangan beliau. Dr. Moh. Solihudin, M.H.I akhirnya berhasil mendapatkan tujuannya dengan usaha dan kerja keras. Tantangan demi tantangan beliau hadapi dengan penuh tekad dan keyakinan. Selamat atas pencapaian yang luar biasa, selamat bekerja dan semoga sukses untuk Bapak Dr. Muh. Solihudin, M.H.I.