Berita

Gunung Anyar, Surabaya (05/03/2024) – Orientasi keprodian mahasiswa psikologi semester 4 telah usai digelar. Kehadiran Wirdatul Anisa, M.Psi., Psikolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai narasumber telah berhasil memberi banyak insight berharga bagi para mahasiswa yang berguna untuk pengembangan kesehatan mental mahasiswa kedepannya.

Dalam sesi materi yang disampaikan, wanita yang juga merupakan Psikolog Klinis tersebut menjelaskan dinamika gangguan mental, “Tekanan yang kita hadapi sehari-hari tidak membuat kita langsung mengalami gangguan mental, kita perlu menjelaskan lewat dinamika yang kompleks antara tekanan dan kerentanan,” ujarnya.

Dalam dinamika tersebut dijelaskan bahwa semakin banyak kerentanan yang kita miliki, maka semakin besar pula kemungkinan untuk mengalami gangguan jiwa.

Tak hanya itu, model kesehatan mental juga disajikan oleh narasumber. Pendekatan yang masyhur dalam dunia psikologi yaitu Model Biopsikososial. Model ini menjelaskan keterkaitan antara aspek biologis, psikologis, dan sosial dalam menjelaskan berbagai isu atau fenomena dalam kajian kesehatan mental.

Gen-Z yang menjadi perhatian pada kegiatan Orientasi Keprodian kali ini digambarkan sebagai generasi yang banyak menggunakan waktu online, terbuka dengan berbagai informasi, cenderung ekspresif, minim interaksi fisik, memiliki kesadaran yang lebih pada kesehatan mental, dan rentan terhadap kecemasan.

Pada akhir sesi, tak lupa narasumber memberikan informasi untuk selalu memerhatikan kesehatan mental, yaitu dengan terus meningkatkan literasi kesehatan mental, bijak dalam berselancar di media sosial, kenali dan kembangkan diri, serta penting untuk membangun support system dan terbuka untuk mencari bantuan ahli professional dalam membantu mengatasi masalah gangguan mental.

Writer: M. Ata Zaidan Taufiqi
Editor: Najwa Laska Halqi