Berita

 

“SIJ Arab Saudi telah beberapa kali bekerjasama dengan kampus-kampus dari Indonesia. Tapi, baru kali ini, inisiatif berasal dari kami,” jelas Sutikno, M.Pd, Kepala Sekolah Indonesia Jeddah Arab Saudi. Hal itu dia sampaikan saat sambutan dalam kunjungan penandatangan kerjasama dengan UIN Sunan Ampel Surabaya, tanggal 13 Desember 2023.

Bertempat di Meeting Room FTK, acara penandatangan kerjasama dibuka langsung oleh Prof.Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag. Dalam arahannya, Wakil Rektor 1 bidang Akademik dan Kelembagaan UINSA itu menegaskan bahwa jalinan kerjasama dengan sekolah-sekolah Indonesia di Arab Saudi ini sangat strategis, karena akan membawa lebih banyak manfaat. Dan, dalam kesempatan ini, empat Fakultas, yaitu Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakuktas Psikologi dan Kesehatan, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dipandang tepat untuk mengambil perannya dalam kerjasama.

Dia juga mengingatkan, bahwa yang paling penting, mahasiswa dan dosen saat bertugas di sana nanti adalah dalam rangka mengembangan studi, bukan malah disibukkan oleh hal-hal lain.

Lalu, mengapa Kepala Sekolah Indonesia Jeddah itu mengatakan jika inisiatif kerjasama itu darinya. Pejabat yang juga sebagai Pelaksana Tugas Kepala Sekolah Indonesia itu mengatakan bahwa, hal itu dilatarbelakangi oleh tiga pertimbangan.

Pertama, SILN Arab Saudi membutuhkan pengembangan kurikulum dan pembelajaran, dan pengelolaan lembaga pendidikan, serta pengenalan kepramukaan, seni dan budaya nusantara.

Kedua, izin tinggal yang mahal sehingga persentase tinggi status ilegal para Pekerja Migran Indonesia (PMI) meningkat. Dan, itu berdampak menjadi problem psikologis dan sosiologis. Karenanya, para siswa dan orang tua banyak membutuhkan pendampingan.

Ketiga, pilihan kerjasa sama dengan UINSA, karena mempertimbangkan latar belakang PMI yang banyak berasal dari Jawa Timur, sehingga UINSA dianggap paling ideal, baik dari kapasitas akademik secara internasional maupun kedekatan kampus secara sosiopsikologisnya. Sementara dari FISIP, diharapkan dapat magang di KJRI atau di OKI. Dia juga berharap, bahwa, khususnya alumni SIJ, berkesempatan mendapatkan beasiswa dari UINSA Surabaya.

Turut hadir dalam acara yang diselenggarakan secara hybrid itu, secara luring, Prof. Dr. Wiwik Setiyani, M.Ag selaku Warek 2 bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan; Dekan dan para Wadek dari FTK, FDK, FPK dan FISIP, serta Fitriah, Ph D. sebagai Wakil International Office UINSA. Sedangkan secara daring, antara lain, Atdikbud KBRI Riyadh, Pensosbud KJRI Jeddah, para pimpinan jurusan dan program studi di keempat fakuktas terkait.

Kegiatan diakhiri dengan penandatangan MoA oleh empat dekan fakultas, yaitu Prof. Dr. Muhammad Thohir, S.Ag.M.Pd sebagai Dekan FTK; Dr.Moch. Choirul Arif, S.Ag, M.Fil.I., sebagai Dekan FDK; Dr. Phil. Khoirun Niam sebagai Dekan FPK; dan Prof. Dr. H. Abd. Chalik, M.Ag. sebagai Dekan FISIP. Juga, oleh Sutikno, M.Pd. yang merupakan Kepala SIJ Jeddah sekaligus Plt. Kepala SIM Arab Saudi. Penandatanganan disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir dalam kesempatan tersebut. (Tim Media FTK)