Column
Siti Musfiqoh*

Katakanlah (wahai rasul) kepada sekalian manusia, Tiap-tiap orang dari kalian akan berbuat sesuai dengan keadaannya. Dan Tuhan kalian lebih mengetahui orang yang mendapatkan petunjuk menuju kebenaran.

(QS Al-Isra [17]:84).

Kecukupan adalah berusaha sebanyak mungkin untuk tidak membutuhkan banyak hal yang tidak dibutuhkan, bukan memenuhi semua keinginan, karena nafsu tidak ada batasnya.

 (al-Istighna’ []:Imam Syafi’i).

Mata yang penuh keridlaan akan selalu menemukan kebaikan dan buta terhadap kekurangan sementara mata yang penuh kebencian akan menampakkan segala keburukan. Sebuah ungkapan yang memberikan gambaran kehidupan manusia dalam menghadapi dan menyikapi seluruh rangkaian perjalanan kehidupan. Segala bentuk tindakan manusia akan mengacu pada pandangannya tentang baik atau buruk. Nilai kebaikan dan keburukan juga akan senantiasa menjadi sumber rujukan dalam melakukan berbagai tindakan. Dalam kegiatan ekonomi dikenal dengan tiga kegiatan; 1) konsumsi, 2) produksi, dan 3) distribusi. Pelaksanaan atas tiga kegiatan ini seyogyanya seimbang hingga mampu membagi menjadi 1/3 di setiap bagian atas seluruh harta yang telah dianugrahkan Allah kepada manusia. Karna kepemilikan hakiki harta adalah Allah Swt. sebagai Dzat Maha Pemberi dan Dzat Maha Kaya, serta Dzat Pengatur alam seisinya.

Pembahasan 1/3 dalam kaitan aplikasi tiga kegiatan ekonomi ketika disandingkan dengan harta yang berupa nominal antara yang memiliki sembilan ratus ribu, sembilan juta, sembilan puluh juta, dan atau bahkan sembilan ratus juta bagi sebagian orang akan menjadi berbeda, sehingga orang yang memiliki nominal lebih kecil merasa tidak bisa sama dengan yang memiliki nominal besar dalam berbagai hal. Benarkah demikian?

Kenikmatan Sebuah Rasa

Sambutlah kenikmatan yang telah diberikan Allah dengan senyum sebagai tanda rasa syukur, walau dalam bentuk nominal yang menurut hitungan sedikit. Syukur itu dapat dilakukan dengan cara ikhlas, artinya senang ketika menerima apapun yang dilimpahkan Allah SWT. dalam perjalanan kehidupan di dunia hingga nantinya akan bertemu kehidupan akhirat. Sehingga mampu berdampak pada munculnya rasa bahagia dalam melakukan berbagai macam tugas yang diberi bebankan kepada kita. Bahagia ini merupakan manifestasi dari rasa syukur atas nikmatNya.

Sebagaimana kata kunci pembuka sekaligus penyemangat yang disampaikan oleh Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Prof. Prof. Dr. Akhmad Muzakki, Grad Dip., SEA., MAg., M.Phil., PhD. dalam amanah Beliau di saat menjadi Pembina Apel rutin hari Senin beberapa waktu yang lalu akan pentingnya bahagia dalam menjalankan tugas. Bahagia kunci untuk mampu melaksanakan kegiatan dengan baik. Dalam amanah panjangnya Beliau menjelaskan dalam menjalankan tugas ‘salah’ boleh, berbohong jangan. Kalimat ini sesungguhnya mengingatkan dan memberi pelajaran untuk selalu belajar menghargai kerja keras, perjuangan dan i’tikad baik.

Bahagia ini tentu harus dilatih, bahagia adalah rasa di mana seorang akan mampu melewati berbagai macam kehidupan yang berupa peluang, tantangan, pujian, ataupun hinaan dengan tenang tanpa harus bergantung pada banyak hal. Kebahagiaan ini bermula dari keadaan pikiran atau persaan yang berupa kesenangan dan ketentraman hidup yang dirasakan dalam menghadapi berbagai hal dalam hidup, dirasakan dengan ketenangan yang bersifat lahir dan batin sehingga merasa berharga, baik dari dirinya sendiri maupun orang lain. Kebahagiaan dapat dirasakan oleh manusia di saat manusia merasa cukup dan bersyukur dalam hidupnya atas rahmat ataupun musibah yang Allah SWT. limpahkan. Karena Bahagia dan kebahagiaan bukan hanya pada bertambahnya sesuatu pada diri manusia, melainkan juga dapat hadir karena berkurangnya sesuatu.

Dalam al-Quran dijelaskan bahwa kebahagiaan itu terletak dalam iman dan taqwa manusia sebagai hamba Allah SWT., dalam menempuh dan menjalankan tugas mulia, berjuang menegakkan kebaikan, kebenaran dan keadilan, meninggalkan hal yang tidak ada manfaatnya. Rasa bahagia akan menimbulkan ketenangan jiwa dan ketentraman hati, terhindar dari emosi, rasa marah, gelisah ataupun keluh kesah atas semua kondisi dan keadaan yang terjadi selama hidup di dunia hingga nanti di akhirat akan mendapat kebahagiaan yang tiada bandingnya di saat bertemu dengan Allah SWT. Sebagai manusia yang berstatus sebagai hamba lakukan seluruh rangkaian tugas dengan baik secara maksimal, dan hasil pasrahkan kepada penilai sesuai kewenanganNya.

Berlatih bijak dalam menata hati dan pikiran terhadap sesuatu yang –dianggap- negatif menjadi penting. Bisa jadi pada kondisi tertentu ketika menemui hal yang tidak sesuai dengan ‘aturan’ atau sesuatu yang tidak megenakkan diri sehingga menyebabkan hidup serba sulit dan pahit, atau tampak di hadapan kita hal yang buruk sekalipun, maka kita akan lebih bisa mampu bersikap dewasa sebagaiaman kita bayangkan melihat bunya mawar merah mekar di taman. Setangkai bunga mawar akan terlihat keindahannya ketika kita tidak fokus pada durinya.  الكسب من العبد والمسيء من الله 。。。

Nilai Konversi

Buy one get one, atau buy one get two and get 50% off your purchase, atau buy one get free … dan atau semacamnya merupakan salah satu strategi pemasaran terbaik untuk mendapatkan keuntungan. Pernahkan melihat slogan tersebut, di mana?, seberapa sering?, dan apakah mampu menggoyahkan pikiran bahkan perilaku yang semula tidak ada rencana membeli berubah untuk memborongnya. Cara yang dilakukan oleh penjual untuk menarik konsumen dalam rangka memperoleh keuntungan lebih. Keuntungan yang didapatkan dari keadaan di mana konsumen yang tidak memiliki perencanaan daftar belanja atas barang tersebut menjadi tertarik membeli. Cara ini diakui dalam dunia marketing salah satu strategi diskon yang efektif dan mendatangkan keuntungan dengan naiknya angka penjualan. Konsumen tertarik membeli produk dengan diskon karena dinilai dapat menghemat pengeluaran. Sementara dari sisi Penjual atau produsen sesungguhnya pemberian diskon adalah sebagai salah satu strategi saja. Bisa jadi strategi ini digunakan untuk menaikkan traffic penjualan secara cepat, atau menghabiskan stok yang ada di gudang karena masa kadaluarsa sudah mendekat. Cara ini juga dilakukan dengan melakukan manipulasi harga atau komposisi produk sedemikian rupa supaya terlihat lebih murah dan hemat.  Artinya sesungguhnya bisa dinilai sama atau bertambah, hanya masing-masing individu yang mengetahuinya.

Sebagaimana buy one get ….  Promosi yang disampaikan dalam QS, 2: 261 dijelaskan sebagaimana perumpamaan orang yang berkenan menginfaqkan harta di jalan Allah seperti menanam sebutir biji yang akan tumbuh menjadi pohon dan menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. QS, 6: 160 siapa saja yang berbuat kebaikan akan mendapat balasan sepuluh kali lipat, sementara perbuatan jahat dibalas seimbang dan tidak akan dirugikan. Juga dalam QS, 16:97 ketika manusia bekerja mengerjakan kebaikan -tidak ada pengecualian jenis kelamin- dalam kondisi iman maka akan diberikan kehidupan dan balasan yang lebih baik dari yang telah dikerjakan. Allah melipatgandakan pada yang dikehendaki, karena llah Maha Luas dan Mengetahui.

Beberapa hadis Rasul memberikan penjelasan tentang pemberian yang berupa perumpamaan seperti khatam membaca al-Quran dual belas kali, di setiap ayat yang dibaca dicatat lima puluh kebaikan bagi seorang istri yang berkenan mencium suaminya dengan suka rela. Atau krtika seorang istri berkenan dengan suka rela menemani tidur suaminya maka akan diberi setingkat dengan orang yang mmerdekanan serratus budak. Ada pula beberapa hadis Rasul yang bercerita tentang ketika seorang mu’min melaksanakan sholat dan membaca التحيات المباركات الصلوات الطيبات لله  maka seakan-akan mu’min itu melaksanakan ibadah haji dan umroh, ketika sampai pada kalimat السلام عليك ايها النبي ورحمة الله وبركاته  seakan-akan mu’min tersebut berziarah kepada Rasul, dan ketika membaca السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين  seakan-akan dia berziarah kepada seluruh wali di dunia. HR. Turmudzi. Dan masih banyak hadist tentang nilai-nilai dalam melaksanakan ibadah dengan imbalan yang jauh lebih besar, tentu sebagai bagian dari pendorong untuk bersegera dan tertarik melaksanakan, sebagaimana strategi discount yang ditawarkan oleh para penjual dengan berbagai variasi.

Juga Salah satu contoh dalam kitab An-Nawadir karya Syekh Syihabuddin Ahmad ibn Salamah Al Qulyubi, dikisahkan seorang ulama Sufi Abdullah bin Mubarak suatu ketika, setelah selesai menjalani ritual ibadah haji, Abdurrahman Abdullah ibn Al Mubarak beristirahat dan tertidur. Dalam tidurnya ia bermimpi melihat dua Malaikat yang turun dari langit, dan mendengar percakapan keduanya yang bercerita atas izin Allah SWT, seorang tukang sol sepatu yang tahun itu mendapat predikat haji mabrur sementara ia belum pergi ke tanah suci.

Nilai konversi ini sesungguhnya akan mampu menjadi penentram diri dan jiwa manusia yang memahami hakikat iman dan ihsan, sehingga berniat baik, melakukan yang baik, dan memberikan yang terbaik harus menjadi komitmen. Konversi atas satu pekerjaan yang jika dinilai dengan nominal relatif murah dengan pergantian pekerjaan dengan nilai nominal yang sangat mahal atau membutuhkan durasi yang lama dan jauh dari jangkauan. Nilai konversi ini menjadi dibutuhkan, siklus kebaikan yang senantiasa dilakukan akan mewarnai kehidupan diri dan sekelilingnya, sehingga mampu melahirkan kontinyuitas yang berkelanjutan dalam koridor istiqomah.  Dengan nilai konversi diharapkan menjadi pemicu untuk tetap semangat dalam menjalankan aktifitas beban tugas dan kewajiban dengan baik dan berusaha semakin baik sehingga menjadi habbit yang mampu mengalahkan seribu karamah. Di sinilah maka berlaku prinsip ketika engkau bersyukur maka Allah akan tambahkan kebaikan. Ketika kebaikan-kebaikan bertambah secara otomatis akan memberikan tambahan kebaikan dan kebahagiaan hingga mencapai status kelas tertinggi.

Mari bersama kita ingat
Setiap orang berbuat sesuai keadaan masing-masing
Sebagai persiapan menuju kehidupan akhirat
dengan berbagai macam acting

Keadaan yang mengarah sesuai dengan keahlian
Berdasar tupoksi atau peta jabatan yang ditetapkan
Karna tidak ada sesuatupun yang tersembunyi dari Pengawasan
atas semua yang kita lakukan

Branding adalah proses strategi
dalam menciptakan identitas diri
membangun citra dan reputasi
memberi layanan terbaik unt semua relasi
ta terkecuali apa, dan bagaimana situasi terjadi
tetap pasrah yakin pada ilahi

قل كل يعمل على شاكلته فربكم أعلم بمن هو أهدى سبيلا  …  

Smoga bermanfaat,

# dari lower menuju middle hingga high class
# senyumtandasyukur&bahagia
# istiqomahdalambekerja
#SalamSehatwalAfiyah
# اللهم بحسن الخاتمة