Penerbitan Buku

Keilmuan Pendidikan Islam: Paradigma Integratif-Humanistik

Keilmuan Pendidikan Islam Paradigma Integratif-Humanistik

Penulis : Prof. Dr. H. Abd. Rachman Assegaf, M.Ag.
Penyunting : M. Yusuf
Desain Sampul : Ucup
Layouter : Ucup
Hlm : xii + 378 hal; 14,8 x 21 cm
ISBN : Proses

Sinopsis : 

Buku “Keilmuan Pendidikan Islam: Paradigma Integratif-Humanistik” merupakan kajian mendalam yang menghadirkan perspektif baru dalam memahami dan mengembangkan ilmu pendidikan Islam di era kontemporer. Berangkat dari kegelisahan terhadap fragmentasi antara ilmu agama dan ilmu umum, buku ini menawarkan pendekatan integratif-humanistik sebagai jalan tengah yang konstruktif dalam menjembatani dikotomi tersebut.

Dengan menggali khazanah keilmuan Islam klasik serta merespons tantangan zaman modern, buku ini menguraikan bagaimana pendidikan Islam dapat didekati secara holistik—mengintegrasikan dimensi spiritual, intelektual, emosional, dan sosial peserta didik. Paradigma integratif menekankan keterpaduan antara wahyu dan akal, sementara pendekatan humanistik menempatkan manusia sebagai subjek utama dalam proses pendidikan yang berorientasi pada nilai, makna, dan kemanusiaan.

Buku ini tidak hanya bersifat teoritis, tetapi juga aplikatif, memberikan tawaran-tawaran konkret dalam desain kurikulum, strategi pembelajaran, serta pembentukan karakter berbasis nilai-nilai Islam. Sangat relevan bagi akademisi, pendidik, mahasiswa, dan siapa pun yang peduli terhadap pengembangan pendidikan Islam yang transformatif dan berkeadaban.