Berita
Mahasiswa dari Prodi IF, HTN, dan HPI FSH UINSA mengajar siswa/i TK dan SD Pittayaphat Suksa School Thailand
Mahasiswa dari Prodi IF, HTN, dan HPI FSH UINSA mengajar siswa/i TK dan SD Pittayaphat Suksa School Thailand

Empat orang mahasiswa/i FSH UINSA yang terpilih untuk mengikuti Internasional Outbound Mobility ke Thailand bertugas mengajar siswa TK dan SD. Syafik Abdullah Prodi IF semester 6, R. M. Ibrahim Prodi HTN semester 6, Lintang Putri Prodi IF semester 6, dan Amina Qotrotun Prodi HPI semester 2 merasa senang. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 14 Juli – 8 Agustus 2023. Para mahasiswa/i FSH UINSA yang terdiri dari empat orang tersebut dibagi menjadi dua tim. Lintang dan Amina di TK Baan Suanmark sedangkan Ibrahim dan Syafik di Pittayaphat Suksa School. Para pimpinan FSH UINSA yang terdiri dari Dekanat juga terlihat berkunjung ke sekolah untuk silaturahmi. Selain untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa/i FSH, kegiatan ini juga memiliki tujuan untuk membentuk ikatan persahabatan. Ikatan tersebut antara FSH UINSA dengan Lembaga Internasional yang khususnya dalam bidang edukasi dan pendidikan.

Ibu Dekan FSH UINSA menyerahkan cinderamata Kepada Kepala Sekolah Pittayaphat Suksa School Thailand
Ibu Dekan FSH UINSA menyerahkan cinderamata Kepada Kepala Sekolah Pittayaphat Suksa School Thailand

Selama Mahasiswa/i FSH UINSA mengikuti kegiatan International di Thailand. Kegiatan ini dapat membantu Guru untuk mengajar Siswa-Siswi TK dan SD. Biasanya mereka memperoleh jadwal mengajar hingga 6 kelas dan mengisi beberapa materi dasar. Materi yang diajarkan yaitu, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. Setiap mahasiswa/i FSH memiliki pertemuan yang terjadwal yakni 10 kali untuk setiap minggunya. “Kurikulum pembelajaran di Thailand masih tertinggal daripada di Indonesia,” ujar Lintang Mahasiswa Prodi IF semester 6.

Seorang Pengajar

Bermain dan Belajar Sederhana
Bermain dan Belajar Sederhana

Sebagai seorang pengajar, tentu mereka harus bisa menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan tingkatan kelas dan kurikulum di sekolah tersebut. Saat di kelas, mereka mengajar mulai dari pengenalan kosakata,bernyanyi, metode belajar lewat video, serta tanya jawab. Selain itu, diluar forum kelas mahasiswa/i FSH UINSA juga turut aktif dalam kegiatan di sekolah tersebut. Kegiatannya seperti, upacara bendera, mengajarkan lagu-lagu Bahasa Arab dan tradisional, senam kesehatan, dan shalawat bersama.