Berita
Foto Bersama Acara KBKK

Laboratorium Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan kegiatan Kemahiran Baca Kitab Kuning (KBKK). Kegiatan ini diadakan di Gedung A.209 FSH pada 31 Juli – 03 Agustus 2023. Kemahiran Baca Kitab Kuning merupakan progam rutin yang kerapkali diadakan Laboratorium FSH. Turut hadir juga dalam kegiatan yakni Dr. Mahir, M.Fil.I selaku Wakil Dekan 3 FSH untuk menyaksikan langsung antusiasme para peserta. KBKK merupakan salah satu progam unggulan Laboratorium FSH UINSA. Hanya mahasiswa/i FSH UINSA yang siap mengikuti proses pembelajaran dari awal sampai akhir yang dapat mengikuti progam ini. Selain itu, para peserta juga dituntut untuk memiliki komitmen mengerjakan tugas yang akan diberikan pada setiap pembelajaran.

Menyanyi Indonesia Raya dalam Acara KBKK
Menyanyi Indonesia Raya dalam Acara KBKK

Metode pembelajaran yang diterapkan dalam KBKK yaitu metode belajar Alfatih. Metode belajar ini merupakan karya Mutfi Khazin, M.H.I, salah satu Dosen FSH UINSA metode belajar Alfatih memiliki berbagai macam keunggulan. Diantarannya, bisa langsung praktik dalam hitungan menit dan bahan praktik dari berbagai macam sumber. Sumber tersebut seperti Kitab Safinah dan Kitab Fikih Mahzab Imam Syafi’i.

Peserta Mendengarkan Penjelasan Wadek III FSH UINSA
Peserta Mendengarkan Penjelasan Wadek III FSH UINSA

Selain keunggulan tersebut, metode Alfatih juga menawarkan bekal teori bahasa (Nahwu Sarraf) paling ringkas hanya yang hanya terdiri dari 6 halaman. Kegiatan ini diadakan gratis tanpa pungutan biaya apapun khusus mahasiswa FSH UINSA yang ingin belajar maupun memperdalam kitab kuning. Tak disangkal, ternyata cukup banyak mahasiswa/i FSH UINSA yang berminat mengikuti kegiatan Kemahiran Baca Kitab Kuning.

Banyak mahasiswa/i yang terlihat begitu semangat dan antusias untuk belajar. Harapannya, mahasiswa/i FSH bisa memanfaatkan kesempatan belajar tersebut dengan baik. Sehingga, ilmu yang diperoleh bisa berguna bagi dirinya maupun orang lain. Sebagai bentuk peningkatan kualitas, FSH tak hanya memberikan bekal akademik melainkan juga bekal agama untuk kehidupan yang lebih baik.