Berita

Bandung [8-8-2023], Kontingen Ma’had UINSA sukses meraih juara umum dalam cabang lomba Musabaqah Ilmiah pada acara Musyawarah Nasional Mudir dan Musabaqah Ilmiah Ma’had PTKIN se-Indonesia ke X di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Selasa – Rabu, 7-9 Agustus 2023.

Kegiatan Musyawarah Nasional Mudir dan Musabaqah Ilmiah Ma’had PTKIN se-Indonesia yang ke X Tahun 2023 ini dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam kemenag RI Muhammad Ali Ramdhani.

Lomba antar Mahasantri pada Musabaqah Ilmiah kali ini meliputi: Musabaqah Hifdil Qur’an (MHQ), Musabaqah Qiratul Kutub (MQK), Pidato Bahasa Inggris dan Pidato Bahasa Arab.
Adapun lomba yang dijuarai oleh Kontingen UIN Sunan Ampel Surabaya yakni Juara 1 Pidato Bahasa Arab, Juara 2 Pidato Bahasa Inggris, Juara 2 Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) serta Juara 3 Musabaqah Qira’atul Kutub (MQK).

Berikut perolehan Juara dalam Kegiatan Musabaqah Ilmiah Ma’had PTKIN Se-Indonesia Ke-X Tahun 2023:

NoNamaJuaraCabangAsal Instansi
1Nur Isma FadilaIPidato Bahasa InggrisIAIN Pare-pare
2Ahmad Ghozi Al FaizIIPidato Bahasa InggrisUIN Sunan Ampel Surabaya
3Shofia AuliaIIIPidato Bahasa InggrisUIN Raden Intan Lampung
4Royhan Afthon SyadidaIPidato Bahasa ArabUIN Sunan Ampel Surabaya
5Intan Ratu MasrurohIIPidato Bahasa ArabUIN Sunan Gunung Djati Bandung
6Syifa Qurrata A’yunIIIPidato Bahasa ArabIAIN Syekh Nurjati Cirebon
7Lamlam PurnamasariIMusabaqah Qiratul QutubUIN Sunan Gunung Djati Bandung
8Fatthiyan AbdillahIIMusabaqah Qiratul QutubUIN KH Abdurahman Wahid Pekalongan
9Intan SyamikhohIIIMusabaqah Qiratul QutubUIN Sunan Ampel Surabaya
10Uli SatriaIMusabaqah Tahfidzul Qur’anUIN Ar Raniri Aceh
11Nehya MunjibaIIMusabaqah Tahfidzul Qur’anUIN Sunan Ampel Surabaya
12MusabbibIIIMusabaqah Tahfidzul Qur’anIAIN Parepare

Kegiatan Musyawarah Nasional Mudir Ma’had dan Musabaqah Ilmiyah PTKIN Se Indonesia ke X Tahun 2023, diikuti sebanyak 38 Ma’had PTKIN Se Indonesia. Dan pada acara penutupan dibacakan secara bersama-sama Deklarasi Moderasi Beragama dan sekaligus pembacaan naskah rekomendasi hasil Musyawarah Nasional para Mudir dan Pengelola Ma’had PTKIN se Indonesia yang akan disampaikan ke Direktur Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Tidak Lupa kami ucapkan terima kasih kepada Pimpinan UIN Sunan Ampel Surabaya, Kepala Pusat Ma’had Al-Jami’ah dan dukungan semua pihak terutama H. Budiono – Kepala Pusat Pengembangan Bahasa dan Ibu Nabiela Naily – Kepala Internasional Office yang telah meluangkan waktunya untuk menyeleksi dan membimbing secra internal kontingen Ma’had UINSA, sehingga Ma’had UINSA memperoleh prestasi yang luar biasa.[shofi]