Berita

Jennie Nabilah merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (PMT) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Dia terpilih menjadi peserta MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA) 2023. MOSMA adalah program beasiswa yang diadakan oleh Kementerian Agama bekerja sama dengan Kementerian Keuangan. Program ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) untuk mengikuti kuliah selama satu semester di luar negeri.

Pada program MOSMA ini, mahasiswa yang akrab dipanggil Jennie ini berkesempatan untuk merasakan perkuliahan di Buffalo State University, Amerika selama satu semester (Gasal 2023/2024). Dan yang lebih menggakan lagi, dia meraih penghargaan Dean’s List hasil kuliah selama satu semesternya itu. Dean’s List adalah penghargaan yang diberikan oleh Dekan Fakultas di Buffalo State University kepada mahasiswa berdasarkan kualitas kinerja akademik mereka. Untuk bisa mendapat penghargaan ini, mahasiswa harus memperoleh nilai rata-rata semester 3,5 atau lebih. Mereka juga harus menyelesaikan studi minimal 12 SKS.

”Saya sangat bersyukur bisa lolos MOSMA dan mendapat negara tujuan Amerika. Sehingga saya bisa mempelajari matematika dengan tools baru di sana, terlebih saya adalah satu-satunya mahasiswa yang mempelajari matematika di Buffalo State,” terang Jennie saat welcoming home di meeting room FTK, Kamis (28/12)

Dia mengaku sangat antusias mempelajari matematika di Amerika. Menurutnya, belajar di kelas Applied Statistics dan Mathematical Biology, memberikan kesan bahwa matematika sebetulnya dekat dengan kehidupan manusia. Matematika juga relevan dengan kehidupan, tidak hanya pada periode ini, tapi juga bisa memperhitungkan hal-hal ilmiah di periode mendatang.

”Saya sangat menyukai mata kuliah Mathematical Biology. Saat itu saya menggunakan software bercampur sedikit coding untuk membuat pemodelan matematika tentang populasi makhluk hidup dari manusia hingga penyebaran virus seperti covid-19. Saya kagum! Ternyata matematika bisa seberkembang ini,” tutur Jennie.

Jennie Nabilah menjalani proses perkuliahan Fall Semester di Buffalo State. Jennie dengan background matematikanya memperoleh GPA 3.83. Dengan GPA yang tinggi, Jennie memperoleh penghargaan Dean’s List.

”Alhamdulillah, tidak menyangka akan memperoleh hasil ini. Kami hanya berusaha tekun dan menyerap semua ilmu yang didapatkan di Buffalo State,” tutur Jennie.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Prof. Dr. Muhammad Thohir, S.Ag, M.Pd yang juga hadir dalam penyambutan kembalinya (welcoming home) Jennie dari Amerika mengapresiasi atas prestasi yang telah diraih oleh Jennie. Beliau juga menunjukkan kebanggaannya sebagai Dekan dan sebagai dosen memiliki mahasiswa yang berprestasi serta kompetitif.

“Semoga prestasi yang diraih Jennie dapat menginspirasi mahasiswa lainnya dan ilmu yang didapatkan di Amerika dapat didesiminasikan kepada teman-temannya melalui forum ilmiah” terang Prof. Thohir.
“Selamat untuk ananda Jennie” tutupnya. (FTK)