Berita

LKMM-TD oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya

Mahasiswa sebagai kaum muda yang memiliki peran signifikan dalam membangun peradaban bangsa harus memiliki pemikiran kritis dan peka terhadap masalah apa yang dihadapi dan sedang terjadi di masyarakat. Diperlukan pribadi yang dapat dengan tegas menyampaikan pendapatnya dan turut berpartisipasi atau terjun langusng dalam mengatasi hal tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan ingin mengadakan kegiatan LKMM TD untuk membentuk mahasiswa yang terampil dan kreatif dalam mengatur sebuah acara dan meningkatkan problem solving terhadap masalah yang ada.

LKMM TD merupakan salah satu kegiatan dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa dan Keagamaan HMTL UINSA yang akan bekerja sama dengan beberapa Program studi di Fakultas Sains dan Teknologi. Kegiatan ini dilaksankaan dengan tujuan memberikan bekal sikap, pengetahuan dan keterampilan manajerial organisasi bagi mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi.

Pelaksanaan LKMM TD tahun ini akan dilaksanakan secara luring bersama dengan Himpunan Arsitektur dan Ilmu Kelautan pada hari Jum’at 7 Juli hingga hari minggu 9 Juli 2023. Pada hari pertama kegiatan dimulai pukul 15.30 wib setelah mata kuliah berlangsung. Di hari pertama akan diawali dengan registrasi terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi ‘Analisis Tema’ yang akan di pimpin oleh pemandu.

Setelah pemaparan materi, selanjutnya pelaksanaan evaluasi mengenai kegiatan yang telah berlangsung. Mekanisme evaluasi terdiri dari evaluasi antar peserta, evaluasi peserta ke pemandu, evaluasi peserta ke panitia, dan sebaliknya.

Hari kedua dilaksanakan di hari Sabtu dari pagi hari hingga menjelang sore hari. Pada hari sabtu materi yang dipaparkan lebih banyak daripada hari sebelumnya yaitu sebanyak 5 materi yang terdiri dari PGA-AKL, TUK, PJK, PKK dan Sponsorship.

Pada materi yang terakhir ‘Sponsorship” akan dijelaskan oleh Ibu Afifatur Rohimah, M.I.Kom selaku salah satu UIN Sunan Ampel Surabaya. Selanjutnya mendekati akhir acara peserta akan dijelaskan mengenai tugas yang bersangkutan dengan materi  yang diberikan. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok lalu masing-masing kelompok akan diberi tugas membuat proposal sponsorship. Setelah sesi tanya jawab mengenai tugas selesai diadakan sesi evaluasi antar peserta, panitia dan pemandu.

Hari ketiga dilaksanakan pada hari minggu 9 Juli 2023. Pada hari ini terdapat sesi yang berbeda dari 2 hari pelaksanaan LKMM TD sebelumnya. Pada akhir acara terdapat sesi simulasi total, post test dan bulkonah, serta awarding dan pemaparan KPP.  Simulasi total merupakan kegiatan dimana peserta akan mempresentasikan hasil kerja masing-masing kelompok yang telah ditugaskan di pertemuan sebelumnya.  Para peserta mempresentasikan hasil kerjanya didepan kelas dengan pemandu sebagai juri untuk menilai hasil kerja mereka. Selanjutnya post test dan bulkonah merupakan kegiatan tolak ukur pemahaman setiap peserta dengan mereview materi dari pertemuan awal hingga pertemuan hari ketiga di kegiatan LKMM-TD. Kegiatan penutup LKMM TD yaitu pemberian awarding dan KPP kepada peserta yang berakhir pada pukul 19.00 WIB.

Kami mengucapkan terima kasih kepada para pemandu, teman-teman peserta, dan seluruh panitia yang telah menyiapkan, serta bertugas pada sebelum dan saat hari H kegiatan. Diharapkan, kegiatan ini akan menjadi titik awal untuk menyelesaikan masalah yang mungkin dialami mahasiswa dalam kepanitiaan maupun keorganisasian.