Berita

Senin, 12 Juni 2023 seluruh jajaran pimpinan dan beberapa tenaga kependidikan FSH mengikuti kegiatan apel pagi. Kegiatan ini diselenggarakan di Sport Center Gedung KH. Syaifuddin Zuhri UIN Sunan Ampel Surabaya Kampus Ahmad Yani. Dalam kegiatan apel pagi ini dipimpin oleh Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D. selaku Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pimpinan dan Tendik FSH mengikuti Apel Pagi di Sport Center UINSA

Kegiatan apel pagi ini banyak diselipkan kata-kata menyentuh dari Bapak Rektor UINSA. Suatu hari Nabi Ibrahim As bertanya kepada Allah Swt. Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang mati.” Kemudian Allah berfirman, “Belum percayakah engkau?” Nabi Ibrahim AS pun menjawab, “Aku percaya, tetapi agar hatiku tenang (mantap).” Allah berfirman, “Kalau begitu ambillah empat ekor burung, lalu cincanglah olehmu kemudian letakkan di atas masing-masing bukit satu bagian.”

“Kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera.” Ketahuilah bahwa Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana. (QS. Al Baqarah 260). Sesungguhnya Nabi Ibrahim As telah meyakini keagungan kemampuan  Allah Swt untuk menghidupkan seseorang yang telah mati. Namun, Beliau mengajukan permohonan itu kepada Allah bukan karena keragu-raguan semata. Melainkan karena Beliau ingin melihat dengan mata kepalanya sendiri bagaimana caranya Allah menghidupkan kembali makhluk yang sudah mati.

Maka Beliau sedikit pun tidak meragukan kekuasaan Allah, akan tetapi beliau mengajukan permohonan itu untuk sampai kepada derajat ‘Ainul Yaqin. Kemudian muncul sebuah keyakinan yang diperoleh setelah menyaksikannya dengan mata kepala sendiri. Sehingga dalam hal ini hatinya menjadi lebih tenteram, dan kepercayaannya menjadi lebih kuat dan kokoh. Semua meyakini bahwa ayam itu halal. Tetapi ketika ayam itu diolah menjadi chicken katsu oleh seorang chef sebuah restoran, bagaimana orang yakin itu halalan thayyiban? Konsumen pasti bimbang.

Konsumen itu yakin ketika terdapat sertifikat halal ditempelkan pada dinding restoran yang diperkuat dengan label halal. Hal tersebut tentu saja menunjukkan bahwa restoran itu sudah menjalani verifikasi dan validasi yang sangat ketat. Mulai dari verifikasi administrasi, tempat pengolahan dan alat-alat yang dipakai serta bahan-bahan yang digunakan sudah dipastikan kehalalannya. Sehingga hal tersebut membuat konsumen semakin tenang, yakin dan percaya.

Semua orang sudah mengetahui bahwa UIN Sunan Ampel Surabaya adalah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri terkemuka di Indonesia. Tapi bagaimana membuat konsumen bisnisnya yakin dan percaya bahwa UINSA adalah PTKIN yang hebat? yaitu dari Capaian prestasi yang mengantarkannya. UINSA menduduki Rangking 2 dari 10 PTKIN Terbaik di Indonesia versi UniRank  Tahun 2023. Hak tersebut karena UINSA dianggap telah memenuhi 3 kriteria persyaratan UniRank.

UINSA telah memenuhi semua persyaratan itu seperti, terakreditasi oleh BAN-PT, menyediakan pendidikan Sarjana, Magister, dan Doktoral. Selain itu juga UINSA menerapkan sistem pendidikan secara langsung dengan bertatap muka atau konvensional. Kemudian ditambah upaya pekan Audit mutu internal oleh LPM, Rekognisi akreditasi  Nasional BAN-PT dan Internasional ISO yang berkelanjutan. Bahkan saat ini sedang melaksanakan akreditasi Internasional untuk 12 Prodi lingkungan UINSA dalam rangka memperkuat rekognisi tersebut.

Harapan

Konsumen bisnis dari calon Mahasiswa semakin yakin dan percaya untuk menentukan pilihannya untuk berkuliah di UINSA. Semua rekognisi dan capaian prestasi gemilang UINSA Surabaya, harus diiringi dengan kopetensi dan integritas Mahasiswa-mahasiswa lulusannya. Kompetensi dan integritas adalah dua hal yang tidak boleh dipisahkan karena masing-masing ada konsekuensinya.

Sebagaimana kata bijak seorang penulis Inggris Samuel Jhonson “Integritas tanpa pengetahuan pasti lemah dan tak berguna. Pengetahuan tanpa integritas pasti berbahaya dan mengerikan.” Apalah artinya seorang dengan kompetensi yang tinggi tapi tanpa integritas. Niscaya seperti seorang direktur keuangan salah satu maskapai penerbangan terkenal. Ia telah melaporkan keuntungan yang dicapai perusahaan maskapai sebesar Rp 78 Milyar. Ternyata setelah di audit BPK justru kerugiannya mencapai Rp. 2,5 Triliyun.

Semoga Allah Swt memberikan kemudahan dan petunjuk bagi para pimpinan serta jajaran UINSA. Semoga kita semua mampu melahirkan mahasiswa dan alumni dengan kompetensi yang baik serta berintegritas. Para peserta apel pagi terlihat begitu khidmat mengikuti seluruh rangkaian acara dari awal hingga akhir. Setelah apel pagi, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan acara penyampaian resolusi Rektor UINSA Tahun ke-2.

Kegiatan penyampaian resolusi Rektor ini diadakan di Gedung Amphi Teater Tengku Ismail Yaqub Lantai 3. Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D. selaku Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya menyampaikan proyek strategis universitas. Proyek tersebut diantaranya, satu data UINSA, sinkronisasi data, pendirian prodi kedokteran, tranformasi ke PTNBH, akreditasi unggul, dan word rangking. Rektor UINSA menyampaikan resolusi tersebut dihadapan seluruh pejabat di lingkungan UINSA. Beliau berharap, semua pihak dapat bekerjasama dengan baik dalam menyukseskan progam ini dan semoga semua dimudahkan oleh Allah Swt.