Berita
INTIP PENUTUPAN PBAK HARI KETIGA FPK UINSA, KHIDMAT DAN MERIAH!

Gunung Anyar, Surabaya – Membekali para mahasiswa baru dalam mengawali studinya, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) melaksanakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Pada tahun 2022 PBAK diselenggaran di luar jaringan (luring). PBAK tahun ini mengusung tema “Mewujudkan Intelektual Muslim Muda yang Cerdas, Cakap, Moderat, dan Kreatif”. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyambut dan memperkenalkan kepada para mahasiswa tentang budaya perkuliahan di UIN Sunan Ampel Surabaya. 

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) berlangsung selama tiga hari yaitu pada tanggal 1-3 September 2022. Pada hari pertama berisi materi-materi universitas. Pada hari kedua berisi materi-materi kefakultasan. Pada hari ketiga berisi materi kemahasiswaan yang dikelola oleh mahasiswa intra kampus dengan pendampingan dari pihak Warek III atau Wadek III. 

Sabtu, 03 September 2022 dilaksanakan PBAK hari ketiga. Kegiatan tersebut diawali dengan pelaksanaan sholat dhuha. Kemudian dilanjutkan dengan serangkaian acara diantaranya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Yalal Wathon, dan Mars UINSA; refleksi gerakan mahasiswa di era post-truth; pengenalan SEMA dan DEMA fakultas; pengenalan HIMAPRODI, pengenalan dan penampilan UKM fakultas; pengumuman peserta terbaik; istighosah; penutupan PBAK. Ditutup dengan meriahnya acara puncak malam inagurasi. 

Refleksi gerakan mahasiswa sangatlah penting untuk para mahasiswa. Muhammad Husaini selaku Dema memaparkan bahwa gerakan mahasiswa di Indonesia merupakan kegiatan kemahasiswaan yang ada di dalam maupun di luar perguruan tinggi yang dilakukan untuk meningkatkan kecakapan, intelektualitas, dan kemampunan kepemimpinan para aktivis yang terlibat di dalamnya. 

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) pada hari ketiga juga mengundang beberapa alumni untuk memberikan motivasi dan inspirasi kepada para mahasiswa baru. Salah satunya ada Achmad Fathoni Ketua DEMA periode 2020-2021. 

“Mahasiswa sudah seharusnya memiliki motivasi ekstrinsik dan instrinsik dalam menempuh bangku perkuliahan. Selain menuntut ilmu melalui kuliah, jangan lupa untuk mengasah skill melalui organisasi agar kelak siap terjun di masyarakat,” kata Fathoni. 

Para mahasiswa baru memiliki beragam potensi, kecakapan, kemampuan, pola pikir kritis, kreativitas, dan keberagaman budaya sehingga saling melengkapi juga menguatkan. Hal ini dibuktikan dengan adanya pemenang dalam rangkaian PBAK 2022. 

Pemenang Kategori Individu:

1) Peserta terbaik : Zahra Syafza Nabilah

2) Peserta teraktif : Sholahuddin Yusuf Al Mauludi

3) Peserta terheboh : Azizah

4) Vlog terbaik : Bunga Janviera Firnanda

5) Peserta terastaghfirullah : Hakim Hakiki

6) Peserta terkreatif : Ziyadati Ilmi Hayati 

Peserta terbaik dalam Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UINSA 2022 diraih oleh Zahra Syafza Nabilah. 

“Saya senang dan bersyukur dapat mengikuti PBAK UINSA tahun ini. Hal terbaik yang saya dapatkan ketika PBAK 2022 diantaranya pengalaman baru, mendapatkan team work, ilmu tentang kepemimpinan, dan bisa menjadi lebih dewasa. Ada materi yang paling berkesan untuk saya yaitu Reaching Out dimana mengajarkan individu untuk meningkatkan hal-hal positif dari dalam diri dan kemampuan mengembangkan diri,” kata Zahra. 

Kesan pesan dan motivasi untuk para mahasiswa baru disampaikan oleh Sholahuddin Yusuf Al Mauludi yang berhasil menjadi peserta teraktif dalam Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). 

“PBAK kali ini sangat seru dan berkesan. Ada banyak pembelajaran yang saya dapatkan. Saya ingin berkontribusi di kampus dengan mengikuti beberapa organisasi karena dapat meningkatkan kualitas. Menurut saya, sebagai mahasiswa jika hanya berkuliah di kelas saja akan percuma karena tidak akan banyak berkembang,” kata Sholahuddin.

Tak lupa PBAK pada hari ketiga diwarnai dengan bingkai Islam berupa sholat maghrib berjamaah yang dilanjut dengan kegiatan istighosah yang dipimpin oleh Dr. H. Jaenuddin, M.Si, serta siraman rohani untuk para mahasiswa baru. Acara ini dikhususkan untuk menekankan jati diri FPK sebagai fakultas bernuansa Islam.

Terakhir, malam inagurasi sebagai acara puncak penutupan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Di acara tersebut menampilkan berbagai macam pertunjukan dari masing-masing kelompok dan acara hiburan lainnya. Tentunya sangat asik, seru, dan bisa melepas penat para mahasiswa baru setelah tiga hari mengikuti pelaksanakan PBAK UINSA 2022. Semoga semua ilmu yang telah diberikan dapat menjadi bekal para mahasiswa baru untuk siap menempa diri, berproses di bangku perkuliahan, dan bermanfaat di masyarakat kelak. (AYD – MUH – OKT)