Berita

HMP MPI UIN Sunan Ampel Surabaya Gelar SKILLSET SYMPOSIUM OF DEBATE: Strategi Pengembangan Argumen dan Pencegahan Logical Fallacies

Surabaya, 14 Mei 2024 – Dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi efektif dan berpikir kritis di kalangan mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (HMP MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan Workshop Debat bertajuk “SKILLSET SYMPOSIUM OF DEBATE: Regenerasi Kawula Muda dalam Analisis Strategi Penyampaian Argumen guna Menghindari Logical Fallacies”.

Acara yang berlangsung pada Selasa ini dihadiri oleh Ketua Prodi Bapak Dr. Arif Mansyuri, M.Pd., M.Fil.I, Sekprodi Ibu Anis Sukmawati M.Pd, serta puluhan mahasiswa MPI UINSA. Workshop dimulai pukul 09.15 WIB dengan serangkaian upacara pembukaan yang meliputi pembacaan ayat suci Al-Quran, nyanyian lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan Himne UINSA. Sambutan-sambutan dari Ketua Pelaksana Maisya Khairullia Afni, Ketua HMP MPI Moch. Saiful Rijal, Sekprodi Ibu Anis Sukmawati M.Pd, dan Kepala Prodi Bapak Dr. Arif Mansyuri, M.Pd., M.Fil.I. menambah semangat dan antusiasme peserta.

Pada pukul 10.00 WIB, sesi utama Workshop dimulai dengan penyampaian materi oleh Saudara Faiz Farodiz Damang, M.Pd., yang dipandu oleh moderator Saudari Eka Shasmita Devy. Materi yang disampaikan berfokus pada teknik debat yang efektif, memberikan pemahaman mendalam tentang cara berdebat yang baik dan benar.

Sesi tanya jawab yang interaktif menyusul setelah penyampaian materi, di mana peserta aktif mengajukan pertanyaan dan mendapat jawaban yang informatif serta inspiratif. Acara dilanjutkan dengan praktek debat yang melibatkan enam peserta untuk mempraktekkan teknik debat yang telah dipelajari dengan mengusung mosi “Sekolah harus diberi lebih wewenang dalam mengembangkan kurikulum mereka sendiri agar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa di daerahnya”. Praktek ini berlangsung lancar dan penuh antusiasme, mencerminkan kesuksesan dalam memberikan pengalaman belajar yang berharga.

Informasi tentang Kompetisi Debat khusus untuk mahasiswa MPI angkatan 2023 yang merupakan kelanjutan dari Skillset Symposium Of Debate ini juga disampaikan sebelum acara ditutup. Workshop ini diakhiri dengan sesi foto Bersama.

Keseluruhan acara berjalan dengan sukses, diharapkan ilmu yang diperoleh dari workshop ini dapat bermanfaat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh para peserta.