Berita
Surabaya — (15/05/2024) Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Prof. Akhmad Muzakki, M.Ag., Grad. Dip. SEA., M.Phil., Ph.D., bersama Dekanat Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK), menghadiri acara penandatanganan kerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Acara tersebut berlangsung di Ruang Sabha Nugraha, Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah se-Jawa Timur, serta pejabat dan staf dari lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Sebagai langkah awal dari realisasi kerjasama ini, Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA akan memfasilitasi kegiatan profiling kompetensi kepala sekolah di Jawa Timur. Kegiatan ini akan diikuti oleh Kepala SMAN, SMKN, dan SLBN dengan total peserta sebanyak 700 orang. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung dari akhir Mei hingga Juli 2024. Tujuannya adalah untuk melakukan evaluasi serta meningkatkan kompetensi manajerial kepala sekolah. Kompetensi tersebut sangat penting dalam memajukan mutu pendidikan di daerah tersebut.

Mengawali kegiatan ini, Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dra. Ety Prawesti, M.Si., selaku penanggung jawab kegiatan profiling kompetensi ini dalam sambutannya menyampaikan pentingnya evaluasi kompetensi kepala sekolah. “Tantangan dan tanggung jawab kepala sekolah sangat besar, untuk itu kepala sekolah harus benar-benar kompeten”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Aries Agung Paewai, S.STP., M.M., dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada UINSA atas kesediaannya untuk terlibat dalam pembangunan pendidikan di provinsi ini. “UINSA dipilih agar profiling dapat dilakukan secara obyektif dan menghindari konflik kepentingan”. Pria yang juga menjadi Penjabat Wali Kota Batu, Jawa Timur ini berharap hasil profiling ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi perbaikan kompetensi manajerial bagi kepala sekolah jika ditemukan adanya kelemahan dan bagi kepala Sekolah memiliki kompetensi yang sangat baik dapat menjadi salah satu bahan rekomendasi untuk promosi.

Selepas seremoni penandatanganan kerjasama, Rektor UINSA dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur kepada UINSA. “Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada UIN Sunan Ampel Surabaya untuk ikut membangun kemuliaan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Jawa Timur.” Di hadapan ketua MKKS se-Jawa Timur, Rektor UINSA juga mengungkapkan akan memberikan karpet merah kepada lulusan-lulusan terbaik SMA/SMK Negeri di Jawa Timur untuk melanjutkan pendidikan di UINSA.

Kerjasama ini diharapkan tidak hanya berhenti pada kegiatan profiling kompetensi. Ke depan UINSA berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan di Jawa Timur untuk memberikan dampak positif yang signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Jawa Timur.