Berita

HARI KEDUA CATC: BAGIAN OK UINSA TARGETKAN HASIL MAKSIMAL

UINSA Newsroom, Jumat (12/05/20230; Pelaksanaan tes berbasis Computer Assisted Competency Tes (CACT) Pemetaan Potensi Kompetensi bagi Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil (PNS) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya telah memasuki hari terakhir (hari kedua).  Sebanyak 61 pegawai mengikuti tes CACT di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional II Surabaya di Jalan Letjend. S. Parman No.6, Krajan Kulon, Waru, Kec. Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur pada Hari Jumat, 12 Mei 2023.

Sumadi, S.H., M.M., Ketua Panitia Pelaksana kegiatan menjelaskan, bahwa kegiatan Pemetaan Potensi dan Kompetensi bagi Jabatan Pelaksana UIN Sunan Ampel Surabaya ini merupakan pedoman acuan dalam memetakan potensi dan kompetensi pegawai. Hal ini dalam rangka mengukur kemampuan setiap pemangku jabatan pelaksana agar dapat ditempatkan sesuai potensi dan kompetensi yang dimiliki oleh setiap pegawai.

“Untuk itu, Bagian Organisasi dan Kepegawaian UIN Sunan Ampel Surabaya berkoordinasi dengan Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya untuk memfasilitasi kegiatan ini sebagai narasumber dan pemateri agar para peserta mendapatkan hasil maksimal,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, bahwa hasil dari pelaksanaan tes CACT ini akan sangat membantu bagi tim manajemen untuk menentukan tata kelola internal UINSA. “Pelaksanaan teknis kegiatan sekaligus pelaksanaan review, dan pengevaluasian kegiatan pemetaan potensi dan kompetensi bagi jabatan pelaksana untuk memastikan pegawai jabatan yang tepat dan sesuai dengan potensi dan kompetensi mereka,” tambah Sub Koordinator Bagian Organisasi dan Kepegawaian itu.

Sulistyono, salah satu peserta merasa senang bisa diberikan kesempatan untuk mengikuti tes CACT.  Baginya, ini adalah kesempatan emas untuk mengukur kemampuan dan mengasah kompetensi sebagai pegawai UINSA. “Yang terkait tentang tes ini menurut saya sekiranya dapat mengetes dan mengetahui kompetensi kita sebagai karyawan. Sesuai dengan tujuan Bagian Organisasi dan Kepegawaian UINSA tentunya,” paparnya.

Sulis juga telah bersiap dengan segala macam soal yang akan dijawab dalam proses pengerjaan tes CACT. “Saya sudah sangat siap dengan kondisi apapun, pagi tadi sudah sarapan, istirahat cukup juga sudah dilakukan, walaupun nanti dalam pelaksanaannya waktu tes itu sampai 4 jam lebih, secara kondisi fisik dan mental saya sudah siap mengikuti tes,” ujarnya.

Sebelum pelaksanaan tes para peserta dibekali pesan motivasi oleh Basuki Ari Wicaksono, S.H., selaku Kepala Bagian Tata Usaha Kanreg II BKN dan Ir. Anang Triharjono, M.M., selaku Kepala Bidang Informasi Kepegawaian. Pesan motivasi yang disampaikan meliputi tips, trik, strategi, dan tata cara manajemen waktu agar dapat mengerjakan soal CACT dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal.  

Sebagai informasi acara Pemetaan Potensi Kompetensi bagi Jabatan Pelaksana ini wajib diikuti oleh PNS pada UINSA mulai tanggal 10 -12 Mei 2023. (Nur-Cah/Humas)