Berita

Selasa, 2 Maret 2023 Mahasantri berbondong-bondong memenuhi Masjid Raya Ulul Albab UIN Sunan Ampel Surabaya untuk mengikuti Haflatul Istiqbal. Acara ini untuk menyambut Pembinaan dan pendampingan Mahasantri pada Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023.
Acara ini dimulai dengan rangkaian acara Nisfu Sya’ban mulai dari alunan Syahu surah Yasin yang dipimpin oleh Ust. Achmad Munajib, S,Si – Muwajjih Tahfidz Al-Qur’an pada Ma’had UINSA. Setelah pembacaan surah Yasin dilanjut dengan pembacaan Tahlil yang ditujukan kepada paras Muassis serta para dosen UIN Sunan Ampel Surabaya yang telah mendahului kita.
Untuk menggugah semangat Mahasantri dalam berjama’ah subuh Bahtiyar Rifa’i, M.Pd.I selaku Koordinator Ma’had Putra dalam sambutannya mengisahkan Sahabat Sya’ban yang rajin dan selalu datang lebih awal ketika Shalat Jamaa’ah subuh walaupun menempuh waktu kurang lebih tiga jam dari rumah menuju masjid.
Saat ditemui di kantornya Guru Besar Bidang Ilmu Fikih dan Sekaligus Kepala Pusat Ma’had Al-Jami’ah, Prof. Dr. KH. Saiful Jazil, M.Ag berharap Haflah ini dapat menggugah semangat Mahasantri di semester ini. Beliau yakin, satu semester ini cukup untuk memberikan mahasantri pelatihan dan pembiasaan qiroatul qur’an, serta membaca sholawat al mahbubat seperti tahlil, istighatsah, dan lain sebagainya.
“Saya yakin ketika alumni ma’had Al- Jami’ah pindah ke tempat lain, mereka bisa mewarnai tempat yang akan ditempati”, harapnya.
Pembiasaan tersebut bisa dimulai dengan memberi kesempatan mahasantri untuk menjadi imam sholat dan kultum. Bahkan nantinya ketika akhir kegiatan ma’had atau pelepasan mahasantri, yang memimpin istighatsah dari mahasantri sendiri. [ibn]