Berita

Sebagai upaya membangun kemitraan dengan berbagai komunitas, Pusat Pengembangan Bahasa UINSA dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris berkolaborasi sukseskan Workshop How To Boost Self Confidence in Speaking. Kegiatan yang dilaksanakan 23 Mei 2023 di Lantai 9 Tower Teungku Ismail Yakub ini melibatkan dosen, mahasiswa, guru serta siswa SMPN 2 Sugihwaras, Bojonegoro. Kegiatan ini menghadirkan pakar Bahasa Inggris, Dr. Thomas Kauffman dari University of Illinois Champaign Urbana, USA yang menyampaikan berbagai strategi untuk meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara bahasa Inggris. Selain Dr.Thomas, kegiatan ini juga menghadirkan Zubaydah, MA Dosen Pusat Pengembangan Bahasa UINSA yang memiliki pengalaman belajar di King College London untuk berbagi tips dan cerita inspiratif.

Kegiatan diawali dengan diskusi potensi pengembangan kemitraan di kantor Pusat Pengembangan Bahasa. Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UINSA, Dr. Muhammad Budiono, M.Pd.I  menyambut baik inovasi tim Bahasa Inggris dengan menghadirkan ahli dan native speaker di bidang Bahasa Inggris untuk berbagi ilmu tidak hanya di UINSA, namun juga komunitas mitra di luar UINSA. Acara berlanjut dengan kegiatan utama di gedung Lantai 9 Tower Teungku Ismail Yakub. Kordinator bahasa Inggris dari Pusat Pengembangan Bahasa UINSA, Rizka Safriyani, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan workshop untuk meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara bahasa Inggris sangatlah penting untuk dilakukan mengingat pentingnya bahasa Inggris sebagai bahasa global yang mendukung karir dan proses pembelajaran di berbagai disiplin ilmu. Acara dilanjutkan dengan sharing session oleh semua narasumber dan conversation practice dengan seluruh peserta yang hadir.

Dalam paparannya, Dr.Thomas menyampaikan berbagai platform online yang bisa mendukung siswa belajar bahasa Inggris seperti The American English Website AE Youtube Channel dan AE for Educator., Seluruh siswa yang hadir berupaya menginterview sebanyak mungkin peserta maupun narasumber yang hadir pada acara. Kegiatan ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan dari siswa SMPN 2 Sugihwaras Bojonegoro, dan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UINSA. Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fahmy Imaniar,M.Pd dalam kegiatan penutupan menyampaikan kesiapan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UINSA untuk mendukung kegiatan community engagement Pusat Pengembangan Bahasa dengan berbagai skema kemitraan baik internal dan external.