Berita

PRAKTIK WIRAUSAHA: PRAMUKA UINSA SEDIAKAN ANEKA CENDERAMATA KHAS PWN PTK XVI

UINSA Newsroom, Kamis (25/05/2023); Sebagai salah satu Gugus Depan dengan pengelolaan administrasi terbaik di Indonesia, Pramuka UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya melengkapi kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) ke-XVI dengan membuka Stand Bazar. Hal ini menjadi salah satu sarana praktik wirausaha bagi anggota pramuka.

Open Bazar kali ini difasilitasi secara penuh oleh Panitia penyelenggara PWN PTK ke-XVI IAIN Sultan Amai Gorontalo. Mulai dari penyediaan tenda bazar, meja, kursi, sampai dengan fasilitas penerangan.

Kontingen UINSA menyediakan berbagai ragam produk yang dipasarkan. Diantaranya Kaos Forum Ketua Dewan Racana, Pemangku Adat, Pramuka Indonesia, I Love Gorontalo, Wofen dengan berbagai jenis, sampai dengan aneka pin dan gantungan kunci kepramukaan.

Selain produk yang beragam, harga yang dijual pun relatif terjangkau. Koas dijual dengan kisaran harga Rp. 75.000-90.000, pin dan gantungan kunci dengan harga Rp. 5.000-7.000, dan wofen Rp. 5.000-7.000.

Pemasaran berbagai macam produk oleh Kontingen UINSA tersebut bukanlah hal yang baru. Dari tahun ke tahun memang sudah menjadi kebiasaan. Pramuka UINSA telah terdidik dan terbiasa dengan Wirausaha. Hal ini dapat dilihat dari struktur Dewan Racana yang terdapat bidang khusus Kewirausahaan.

Rani selaku Penanggung Jawab bazar Kontingen UINSA menyampaikan, bahwa open bazar yang dilakukan oleh Pramuka UINSA merupakan bentuk pelatihan bagi anggota untuk berwirausaha. “Ke depan kami berharap para lulusan Pramuka UINSA dapat menjadi pribadi yang mandiri dan terampil setelah menyelesaikan pendidikan di kampus,” tukasnya. (Bgs/Bindamping)