Berita

UINSA Newsroom, Selasa (10/09/2024); Klinik Pratama UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya sukses menyelenggarakan seminar kesehatan pada Hari Selasa, 10 September 2024. Bertempat di Ruang Rapat Lantai 9 Gedung Tower Teungku Ismail Yaqub, seminar ini mengusung tema “Upaya Pencegahan dan Pengendalian Psikosomatis.”

Seminar ini merupakan salah satu bentuk layanan promotif yang diberikan Klinik Pratama UINSA Surabaya. Kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UINSA Surabaya, bank mitra, dan para peserta dari berbagai kalangan, mulai dari dosen hingga mahasiswa.

Dr. dr. Hj. Siti Nur Asiyah, M.Ag., Kepala Klinik Pratama UINSA Surabaya, dalam sambutannya menekankan pentingnya acara ini sebagai bagian dari upaya klinik dalam memberikan layanan kesehatan preventif dan promotif, khususnya terkait kesehatan mental.

“Semoga seminar ini membawa kebermanfaatan, terutama bagi adik-adik mahasiswa. Harapannya, kita bisa mengelola emosi dengan baik sehingga gejala psikosomatis dapat diminimalisir dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari,” ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si., juga turut memberikan arahan dan membuka acara secara resmi. Wakil Rektor mengapresiasi upaya Klinik Pratama UINSA dalam menjaga kesehatan mental seluruh warga kampus, termasuk mahasiswa dan staf pengajar.

“Saya senang Klinik Pratama UINSA memberikan atensi pada isu psikosomatis ini. Seminar ini relevan tidak hanya untuk mahasiswa, tapi juga buat dosen dan pegawai yang bekerja di lingkungan UINSA,” ungkapnya.

Seminar ini menghadirkan dua narasumber, Qurrota A’yuni Fitriana, S.Psi., M.Psi., Psikolog yang membahas topik, “Menjaga Kesehatan Mental dari Psikosomatis.” Ia menekankan pentingnya memahami psikosomatis sebagai kondisi yang terjadi ketika masalah psikologis berdampak pada fisik, dan memberikan berbagai tips untuk menjaga kesehatan mental agar terhindar dari kondisi tersebut.

Narasumber kedua, dr. Muchammad Fakhruddin Fakhry, Sp.PD., menguraikan materi tentang “Psikosomatis dan Cara Menyikapinya.” Ia menjelaskan dari sudut pandang medis bagaimana psikosomatis dapat memengaruhi tubuh serta langkah-langkah yang bisa diambil untuk mencegah dan mengatasi gejala-gejala fisik yang timbul akibat masalah psikologis.

Acara seminar ini berlangsung secara interaktif dengan sesi tanya jawab antara pemateri dan peserta. Diharapkan melalui seminar ini, para peserta dapat lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan mental dan memiliki bekal untuk menghadapi kondisi psikosomatis yang mungkin muncul di masa mendatang. (Kml/Humas)

Reportase: A. Kamal A. Jabbar
Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya
Highlight: Magang