Berita

Surabaya, 10 September 2024 – Himpunan Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) menggelar kuliah tamu bertajuk “Eksistensi Panggung dalam Dunia Sastra” pada Selasa, 10 September 2024. Acara ini berlangsung dari pukul 08.30 hingga 12.00 WIB di lantai 9 Gedung Integrasi, Kampus UINSA Gunung Anyar.

Narasumber utama, Achmad Zainuri, tokoh teater dari Bengkel Muda Surabaya (BMS) yang pernah menerima Anugerah Seniman Berprestasi dari Gubernur Jawa Timur pada tahun 2012, membagikan pengalaman spiritual serta proses kreatif dalam dunia teater. Ia juga menekankan pentingnya memahami realitas dan kemampuan menembus ruang absurditas dalam menggarap naskah serta pentingnya menata pentas dengan lebih eksploratif untuk mampu melakukan branding.

Pada kesempatan ini, beliau menceritakan turut proses kreatif ‘panggung senyap’. Pada proses kreatif penampilan teater yang dimaksud, beliau menyampaikan cara-cara melihat seluruh potensi keaktoran, bahwa tidak semua lakuan memiliki dialog. “Panggung itu kan bentuk luarnya, jika kita melihat dalam diri sendiri secara lebih dalam, kita akan menemukan eksistensi diri yang akan membawa kita pada kesunyian. Kesunyian itu yang akan menghidupkan ‘tokoh’ yang kita perankan.

Kegiatan ini diadakan khusus untuk mahasiswa semester lima yang sedang mengambil mata kuliah Pementasan, dengan Athifah Zukhruf Nisabaha sebagai moderator.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan III Fakultas Adab dan Humaniora, Dr. Muhammad Khodafi, M.Si, menekankan pentingnya keberagaman dan kebersamaan dalam dunia seni. “Kita semua punya eksistensi masing-masing, namun tetap satu. Biarkan setiap orang memiliki wajah dan peran sendiri di panggung masing-masing,” ujarnya.