Berita

@Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam

Monday, 28 March 2022

Gelar Konferensi Nasional Tema “Islam, Politik Identitas dan Tantangan Masyarakat Era Revolusi Industri 4.0”

Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya, Gelar Konferensi Nasional Tema “Islam, Politik Identitas dan Tantangan Masyarakat Era Revolusi Industri 4.0”

Islam sebagai agama yang dianut oleh mayoritas bangsa Indonesia, tetapi dengan kemungkinan pemahaman dan penafsiran yang berbeda, Islam dalam hal ini menjadi faktor penting dalam kontestasi politik identitas. Adanya fenomena ini menjadi suatu gagasan terbentuknya gelaran Konferensi Nasional dengan Tema “Islam, Politik Identitas dan Tantangan Masyarakat Era Revolusi Industri 4.0” pada hari Rabu, 16 Oktober 2019 di Kampus UIN Sunan Ampel Jl. A Yani 117 Surabaya.  

Dengan mengambil subtema seperti Media Islam dan Politik Identitas; Tantangan Pendidikan Karakter; Politik Identitas dan Ekonomi Islam; Transformasi Pemikiran Islam; Problematika Hukum Islam Kontemporer; dan Tantangan Pembangunan Hukum Tata Negara di Indonesia, Konferensi ini menghadirkan pembicara diantaranya: Prof. Masdar Hilmy, M.A., Ph.D. (Guru Besar dan Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya) dengan topik Islam Indonesia: Antara Politik Identitas dan Identitas Politik; Prof. Deddy Mulyana, M.A.,Ph.D (Guru Besar Komunikasi, Universitas Padjadjaran –UNPAD, Bandung) dengan topik Politik Identitas dan Implikasinya terhadap Model Komunikasi di Media Sosial;  Prof. Dr. Warsono, MS. (Guru Besar Universitas Negeri Surabaya- UNESA) dengan topik Pendidikan Karakter dan Pembentukan Identitas Kebangsaan; dan  Dr. Khairunnisa Musari, M.MT (Dosen Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri –IAIN, Jember) dengan topik Politik Identitas dan Problematika Ekonomi Islam.Konferensi ini diikuti oleh akademisi, peneliti, dosen, mahasiswa program magister dan doctor dengan jumlah peserta yang mengirimkan paper sebanyak 56 peserta.