Berita

UINSA Newsroom, Selasa (17/10/2023); Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menandatangani perjanjian kerjasama dengan Institut Leimena di Ruang Rapat Lt.9 Tower Teungku Ismail Yakub pada Senin, 16 Oktober 2023. Penandatanganan kerjasama ini dalam rangka saling bersinergi dan berkolaborasi dalam meningkatkan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia.

Dekan FTK UINSA Surabaya, Prof. Mohammad Thohir, pada kesempatan ini menyampaikan, bahwa kerjasama dengan Lembaga mitra ini nantinya akan mampu mengembangkan mode pengembangan pendidikan keagamaan berbasis lintas budaya.

“Tentunya dinamika transformasi sosial budaya di Era Digital ini menghadirkan banyak tantangan dan pelajaran penting bagi kita untuk mempersiapkan bagaimana menyuguhkan pendidikan keagamaan lebih baik. Serta memberikan sumbangsih kontribusi penting bagi pendidikan kebangsaan dan kemuliaan bangsa kita,” jelas Prof. Thohir.

Sejalan dengan itu, Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki dalam arahannya menyampaikan, bahwa diperlukannya pendidikan keagamaan lintas budaya ini karena manusia tidak pernah hidup di luar ekosistem sosial yang dimiliki. Membangun peradaban baru bangsa tidak bisa dilakukan kecuali dengan memberikan penghormatan atas perbedaan.

“Institut Leimena penting bekerjasama dengan Fakultas Tarbiyah UINSA, terutama untuk membangun peradaban baru Indonesia yang dilalui dengan Lembaga Pendidikan,” jelas Prof. Muzakki.

Dalam kesempatan ini, Rektor juga turut memaparkan, bahwa paradigma Pentahalix dalam menyelesaikan masalah menggunakan kemitraan berbagai institusi menjadi kebutuhan hari ini. “Para mitra menjadi front liner pendidikan di tengah masyarakat, serta sebagai pemain utama dalam pengembangan literasi,” tambahnya.

Dengan terlaksananya kesepakatan kerjasama ini, lanjut Rektor, akan banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan FTK UINSA. Sehingga nantinya, kolaborasi penting inilah yang dapat dimaksimalkan. FTK UINSA bersama Institut Leimena dan lembaga mitra membuktikan, bahwa ini efektif dan akan dihidupkan di kampus UINSA.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dan Kelembagaan, Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Kepala Laboratorium Koordinator dan Sub Koordinator, serta seluruh Lembaga Mitra FTK UINSA. Selain itu, turut hadir pula Direktur Eksekutif Institut Leimena. (Din/Humas)

Reportase: Dinda
Redaktur: Nur Hayati
Foto: Rian