Berita

Hari senin tanggal 20 Maret 2023, Pimpinan Dekanat, Kordinator Tata Usaha (KTU), Tim Humas dan Media Sosial Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (FSH UINSA) hadir pada acara Sekolah Teknologi di Greensa In. Acara ini membahas “Suistanable Innovation Technology for Better Life ini Higher Education” yang mengarahkan seluruh unit – unit di UINSA untuk sadar akan penerapan teknologi informasi.

Para pimpinan rektorat mengarahkan kepada setiap unit harus bisa memanfaatkan website dan sosial media dengan optimal. Karena tahun 2023 ini, pembagian informasi antara civitas akademik seluruh di Indonesia harus sudah memanfaatkan aplikasi desktop dan mobile berbasis internet.

Pimpinan Dekanat, Kordinator Tata Usaha dan Ketua Humas dan Media Sosial FSH UINSA
Tiga Narasumber Sekolah Teknologi
Tiga Narasumber Sekolah Teknologi

FSH UINSA sangat tertarik dengan materi yang akan disampaikan oleh ketiga materi Sekolah Teknologi ini. Karena materi ini bisa meningkatkan produktivitas FSH UINSA, dalam memanfaatkan digitalisasi dan menyiapkan diri apabila terjadi transformasi digital yang lebih menguntungkan untuk kedepannya.

Narasumber Pertama

Pada sesi pertama ini, Ibu Reni Wulansari, S.T., M.MT. berasal dari Telkom Solution sebagai senior account manager enterprise. Selain itu, Ibu Reni sebagai dosen praktisi untuk telkom university. Presentasi pertama ini, menunjukan UINSA berada pada ranking ke 3 kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Terbaik se-Indonesia.

UINSA termasuk pada ranking 3 dari Kampus PTKIN se-Indonesia
UINSA termasuk pada ranking 3 dari Kampus PTKIN se-Indonesia

Hal ini menjadi tantangan bagi seluruh unit – unit di UINSA untuk bisa meningkatkan ranking dari PTKIN. Kemudian UINSA akan berhadapan dengan universitas selain PTKIN. Sehingga UINSA dapat mengoptimalkan potensi yang ada untuk bisa masuk universitas 10 besar di ASIA.

Posisi UINSA dibandingkan dengan Universitas dan Institut yang lain di Indonesia
Posisi UINSA dibandingkan dengan Universitas dan Institut yang lain di Indonesia

Ibu Reni memberikan saran kepada seluruh pimpinan unit – unit UINSA untuk meluangkan waktu khusus terkait pembahasan webometric yang lebih serius dan santai. Pembahasan ini lebih pada mencari peluang seperti kekurangan dan kelebihan pada UINSA untuk bisa mencapai universitas 10 besar di ASIA.

Narasumber Kedua

Pada sesi kedua ini, Bapak Prima Adexa, S.E. berasal dari IForex menjelaskan bahwa proses E-Learning sekarang ini bermacam – macam polanya. Sehingga mahasiswa/i yang tidak bisa hadir di kelas bisa menggunakan E-Learning sebagai media pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan internet.

Contoh Flyer Kuliah Tamu dengan Menerapkan E-Learning
Contoh Flyer Kuliah Tamu dengan Menerapkan E-Learning

Salah satu contoh yang telah diterapkan oleh Bapak Primas yaitu kuliah tamu secara online. Banyak peserta yang ikut hadir secara online. Selain itu pemanfaatan aplikasi online seperti Google Classroom, Kahoot, Quizizz sebagai media interaktif untuk mahasiswa/i menerima materi perkuliahan yang beragam.

Narasumber Ke Tiga

Pada sesi ketiga ini, Bapak Redy Wibisono berasal dari Mastersystem ICT Solutions. Bapak Redy memberikan materi terkait penerapan cloud computing untuk meningkatkan infrastruktur di UINSA.

Konsep Pelayanan Berbasis Cloud Computing yang Bisa Diterapkan
Konsep Pelayanan Berbasis Cloud Computing yang Bisa Diterapkan

Sehingga perangkat keras dan lunak yang dimiliki oleh UINSA dapat dioptimalkan dengan lebih baik. Akhir ketiga materi narasumber dapat menyadarkan FSH untuk bisa bertransformasi dari revolusi industri 3.0 ke revolusi industri 4.0. Salah satu contoh penerapan, website digunakan sebagai media informasi bersifat dokumen lengkap. Media sosial digunakan sebagai media penarik para civitas akademisi UINSA dan luar UINSA. Kemudian, dari media sosial diarahkan ke website UINSA terutama ke prodi FSH. Pengoptimalan penerapan aplikasi dan internet sebagai media informasi antar civitas akademik UINSA dan masyarakat di Indonesia. Hal ini bisa meningkatkan produktivitas FSH dan terutama UINSA.