Berita

Laboratorium FST UINSA adakan pelatihan Instrumentasi pada Selasa, (24/5/2022) lalu. Pelatihan ini dilakukan dalam rangka memberikan Pengayaan Kompetensi Mahasiswa, mengenalkan Instrumen Vital Laboratorium, dan memberikan fasilitas pelayananan Laboratorium yang baik sebagai penunjang Penelitian Tugas Akhir. Instrumen Laboratorium yang dikenalkan pada mahasiswa diantaranya Atomic Absorption Spectrophotometer (AAS), High Performance Liquid Chromatography (HPLC), dan Spectrophotometer UV-VIS. Sasaran peserta adalah mahasiswa Program Studi Biologi, Ilmu Kelautan, dan Teknik Lingkungan. 

Atomic Absorption Spectrophotometer (AAS) perlu dikenalkan pada mahasiswa khususnya yang berminat pada riset bidang lingkungan. AAS digunakan sebagai pengukur kadar logam berat. HPLC merupakan alat yang digunakan untuk menentukan berbagai senyawa kimia dengan metode pemisahan. HPLC ini memfasilitasi minat mahasiswa dalam pengujian kadar alkohol dalam deteksi kehalalan produk. Sementara Spektrofotometer UV-Vis adalah suatu instrument yang digunakan untuk mengukur absorban suatu sampel pada panjang gelombang tertentu. Spektrofotometer UV-Vis ini perlu diajarkan pada mahasiswa karena penggunaannya yang luas di berbagai macam bidang minat penelitian.

Mahasiswa Dilatih Cara Penggunaan AAS
Mahasiswa Dilatih Cara Penggunaan Spektrofotometer UV-Vis

Pada kegiatan ini, yang menjadi pelatih adalah Muh. Ma’arif S.Pd. Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Fakultas Sains dan Teknologi UINSA. Kegiatan pelatihan semacam ini akan dilaksanakan setiap tahunnya. Hal ini penting dilaksanakan karena Kompetensi Mahasiswa perlu ditingkatkan sejalan dengan peningkatan Teknologi yang dibutuhkan pada Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).