Berita

Gunung Anyar – (07/10/2022), Fakultas Psikologi dan Kesehatan menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema “Kemelekatan Orang Tua-Anak Sebagai Prediktor Adanya Harapan pada Anak”. Pemateri pada kesempatan ini adalah Dr. Rita Eka Izzaty, M.si, Psikolog dari Universitas Negeri Yogyakarta. Kuliah tamu ini dihadiri oleh mahasiswa psikologi semester 3.

Kuliah tamu dimulai pada pukul 09.00 dengan pembukaan yang disampaikan oleh Muhammad Syifaul Muntafi, M.Sc. Selanjutnya, sambutan dari Dr. suryani, S.Ag, S.Psi, M.Si selaku Wakil Dekan I Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Kuliah tamu yang dimoderatori oleh Estri Kusumawati, M.Kes berjalan dengan lancar dan asyik. Dengan gaya bicara pemateri yang lembut, beliau menjelaskan mengenai perkembangan kehidupan manusia. Hal tersebut tentunya membutuhkan dukungan dari orang tua dan lingkungannya. Semua orang tidak serta merta dilahirkan sempurna. “Orang itu butuh proses untuk menjadi sesuatu,” ujar pemateri.

Beliau menuturkan bahwa otak psikologi adalah programmer yang mengatur keseluruhan hidup manusia, ketika kita mengatakan tidak bisa maka kemungkinan besar kita tidak bisa. Jadi, ucapan harus dijaga agar otak selaras dengan tujuan hidup kita.

Semakin siang, suasana kuliah tamu semakin khidmat dan menarik. Hal ini ditandai dengan peserta yang seksama menyimak dan mencatat materi yang disampaikan.

Pada kesempatan kuliah tamu ini, diadakan sesi tanya jawab dengan audience yang ditujukan untuk menggali feedback komunikasi dua arah. 

“Orang harus mempunyai self-awareness dan self-motivation agar dapat merubah hidupnya menjadi lebih baik. Jadi, tumbuhkan kedua hal itu dalam diri kalian masing-masing,” pesannya.

Kegiatan yang menyenangkan ini ditutup dengan sesi foto bersama serta penyerahan cinderamata oleh Dr. Suryani, S.Ag, S.Psi, M.Si. (MUH)