Berita

Kepala Perpustakaan, Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag. didampingi oleh Hary Supriyatno, S.Ag., M.Pd. (sekretaris) melakukan rapat koordinasi dengan perwakilan pengelola ruang baca fakultas pada hari rabu (05/10) di ruang Smart room Perpustakaan UINSA. Dalam pertemuan ini dihadiri oleh 4 perwakilan pengelola ruang baca fakultas, diantaranya yaitu berasal dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Fakultas Ilmu sosial dan Politik (Fisip), Fakultas Sains dan Teknologi (FST) serta Fakultas Syariah dan Hukum (FSH).

Adapun agenda yang dibahas pada kesempatan ini yaitu proses otomasi koleksi yang ada di ruang baca fakultas. Dalam sambutannya, kepala perpustakaan menyampaikan bahwa saat ini perlu dilakukan otomasi di ruang baca fakultas dengan tujuan agar mempermudah temu kembali informasi, sehingga pemustaka dapat mengetahui dan memanfaatkan koleksi yang terdapat di ruang baca fakultas. 

“Ruang Baca Fakultas harus dikelola dengan baik untuk melengkapi koleksi yang tersedia di perpustakaan Pusat. Untuk itu perlu dilakukan otomasi pelayanan dan strategi pengadaan SDM Pengelolaan dengan melibatkan mahasiswa magang.” Imbuh Kepala Perpustakaan.

Pada saat proses diskusi, perwakilan fakultas memaparkan kondisi terkini ruang baca di fakultas masing-masing sebagai bahan acuan dalam pemberdayaan dan pengembangan ruang baca/literasi di Fakultas. Selanjutnya tim perpustakaan memaparkan terkait skema layanan dan tahapan dalam mempersiapkan otomasi ruang baca fakultas se-UINSA yang diawali dengan penentuan kode koleksi masing-masing ruang baca. Setiap fakultas wajib menentukan kode kepemilikan untuk proses input data bibliography di software SLiMS. Sehingga ketika pemustaka menelusuri koleksi di ruang baca fakultas, maka dapat terdeteksi dan diketahui keberadaannya berdasarkan kode tersebut. (Dep-HS-Ran)