Berita

Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menyelenggarakan pelatihan penulisan dan submisi artikel ilmiah bagi mahasiswa pada Kamis dan Jumat (6-7/10). Acara diselenggarakan di Aula lantai 1 Gedung D3 FDK dengan diikuti total lebih dari 100 mahasiswa yang mayoritas sedang menempuh semester 7.

Terdapat tiga narasumber yang memberikan materi pada acara ini, yaitu Dr. Anas Ahmadi, M.Pd. dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Dr. Nur Hamid, M.Sc. yang merupakan dosen UIN Walisongo Semarang, dan Dr. Immanuel Hitipeuw, M.A. yang merupakan Ketua Prodi S3 Psikologi Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Dekan FDK UINSA, Dr. Moch. Choirul Arif, M.Fil.I, dalam sambutannya menyebutkan bahwa acara ini merupakan usaha fakultas memfasilitasi mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk artikel jurnal.

“Harapannya pelatihan ini dapat mendorong mahasiswa untuk berani dan siap untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal nasional,” lanjut Dr. Moch. Choirul Arif, M.Fil.I.

Pada hari Kamis (6/10), Dr. Anas Ahmadi, S.Pd., M.Pd. menyampaikan materi tentang strategi penulisan dan publikasi artikel ilmiah pada jurnal nasional. Pada kesempatan tersebut, dosen Fakultas Bahasa dan Seni Unesa memberikan trik bagaimana cara mudah mengubah skripsi yang dibuat mahasiswa agar dapat menjadi artikel ilmiah siap publikasi.

Pemateri selanjutnya adalah Dr. Nur Hamid, M. Sc. yang merupakan dosen UIN Walisongo Semarang. Dosen muda Prodi Pengembangan Masyarakat Islam ini memberikan materi tentang strategi pemilihan jurnal nasional bereputasi dan cara submit. Dr. Nur Hamid, M. Sc. memberikan penjelasan tentang bagaiaman pencarian jurnal ilmiah yang sesuai fokus penelitian. Tidak hanya memberikan materi, Dr. Nur Hamid, M. Sc. juga langsung memberikan tutorial cara melakukan submit artikel ilmiah di jurnal nasional terakreditasi.

Pada hari berikutnya, Jumat (7/10), Dr. Immanuel Hitipeuw, M.A. memberikan materi tentang strategi publikasi penelitian dengan Single Subject Research. Materi ini diberikan untuk memperkuat pengetahuan mahasiswa semester akhir, utamanya pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam.