Berita

Sidoarjo — (03/09/2024) Sebagai upaya meningkatkan mutu kurikulum Program Studi (Prodi) Psikologi, Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) laksanakan Review Kurikulum Prodi Psikologi bertempat di lantai empat GreenSA Inn Sidoarjo mulai pukul 09.00 WIB.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Dr. phil. Khairun Niam selaku Dekan FPK UINSA, kemudian dilanjutkan dengan pemberian cinderamata kepada narasumber pertama, Sali Rahadi Asih, M.Psi., MGPCC, Ph.D., Psikolog. oleh Dekan FPK UINSA dibersamai Dr. Suryani, S.Ag., S.Psi., M.Si., selaku Wakil Dekan (Wadek) I.

Sesi pertama disampaikan oleh Dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Ibu Sali, sapaannya, membawakan materi terkait Review Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Turut menjabat sebagai Ketua Asosiasi Psikologi Kesehatan Indonesia (APKI), beliau menekankan untuk penyiapan mahasiswa supaya menjadi lulusan yang mumpuni di bidang kerja yang diminati. SK AP2TPI, 051 tahun 2024 menjadi acuan baku minimal dalam pemaparan materi hari ini.

Berlanjut ke sesi kedua oleh Ananta Yudiarso, S.Sos., M.Si. sebagai narasumber dengan fokus materi Outcome-Based Education (OBE). Dosen Psikologi Universitas Surabaya (UBAYA) ini menyampaikan pentingnya pemantapan learning outcome, asessment dan capaian pembelajaran, yang mana hal ini berbeda dari kurikulum tradisional yang hanya berbasis isi.

Masukan dan hasil review kurikulum prodi psikologi oleh dua narasumber dari universitas berbeda ini mampu membangun, beradaptasi, dan berkembang dengan relevan sesuai kebutuhan zaman serta tuntutan dunia kerja. Implementasi MBKM dan OBE diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang tidak hanya menguasai teori, tetapi juga memiliki keterampilan praktis yang relevan dan siap bersaing di berbagai bidang profesional.

Writer: Cahaya Kamila Ashari
Editor: Septi Nur Azizah, Najwa Laska Halqi