Berita

“Find Your Way To The Future” Env-Neering Talks oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya

Perlu diketahui bahwa sangat penting untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya tentang dunia kerja atau dunia keprofesian, agar setelah masa perkuliahan mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya memiliki pandangan dan rencana tentang bidang profesi, termasuk mahasiswa Teknik Lingkungan. Oleh karena itu, sangat penting bagi lulusan Teknik Lingkungan untuk membuat perencanaan kedepan agar lulusan nantinya tidak kebingungan untuk menentukan langkah selanjutnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya berencana mengadakan Env-Neering Talks sebagai wadah bincang dan diskusi ringan dengan alumni Teknik Lingkungan UINSA.

Env-Neering Talks merupakan kegiatan berupa pemberian wawasan serta ilmu melalui perbincangan ringan antara alumni dengan mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya. Pembahasan pada kegiatan yaitu mengenai dunia keprofesian di bidang Teknik Lingkungan, serta pengalaman alumni Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya baik di dalam maupun di luar perkuliahan hingga di dunia kerja. Kegiatan Env-Neering Talks ini terdiri dari 3 kegiatan dimana dalam setiap kegiatanya mengusung sub tema yang berbeda-beda.

Kegiatan Env-Neering Talks yang pertama dengan sub tema “Kunci Kesuksesan Dunia Keprofesian”. Kegiatan ini menghadirkan pemateri yang berprofesi sebagai site supervisor di Sandhitya Production yaitu Muhammad Ridwan Effendi, S.T.

Kegiatan Env-Neering Talks yang kedua dengan sub tema  “ How To Solve The Problems In The World Of  Work”. Pada kegiatan yang kedua ini menghadirkan pemateri yang tidak kalah menarik dari yang pertama yaitu Dhany Setyawan, S.T. Beliau sekarang berprofesi sebagai staff surveyor di PT. Genau Loka Gantari Surabaya.

Kegiatan Env-Neering Talks yang terakhir ini mengusung sub tema yang tidak kalah menarik yaitu “Decide Your Career, If Not Now When?”. Pada kegiatan yang terakhir ini menghadirkan 2 pemateri yang berbeda latar belakang profesinya. Pemateri pertama berfokus dan linear dengan jurusan Teknik Lingkungan yaitu Vina Nirma Wahyuni, S.T. Beliau berprofesi sebagai HSE Specialist di PT Supa Surya Niaga. Sedangkan pemateri kedua berfokus pada pemerintahan yaitu Meicin Hikmah Istiqomah. Beliau berprofesi sebagai Administrasi Bagian Sosial Media Pemerintahan Kota Surabaya. Dengan adanya perbedaaan latar belakang profesi ini menjadikan para peserta semakin aktif bertanya mengenai profesi tersebut dan apa tantangan yang ada dalam profesi tersebut.

Dengan adanya Kegiatan Env-Neering Talks ini diharapkan memberikan manfaat yang besar bagi peserta mengenai gambaran dunia kerja dan mengetahui hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum lulus S1 jurusan Teknik Lingkungan dan ketika masuk ke dunia kerja yang linear maupun tidak dengan jurusan di perkuliahan selama ini.