Event

HIMATIKA Algebra, sebagai organisasi tertinggi di Program Studi Matematika di bawah Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, memegang peran penting dalam menerima aspirasi dan kontribusi dari seluruh komunitas mahasiswa matematika di kampus ini. Seiring mendekati awal masa kerja baru, HIMATIKA Algebra merencanakan program kerja baru yang akan berlangsung selama satu tahun mendatang. Program ini diharapkan dapat menghasilkan beragam kegiatan bermanfaat bagi masyarakat kampus.

Dalam rangka mempererat kekeluargaan dan menyambut mahasiswa baru angkatan 2023 – 2024, HIMATIKA Algebra akan menyelenggarakan program MATRIKULASI. Kegiatan ini diinisiasi karena pemahaman bahwa mahasiswa matematika membawa latar belakang pendidikan yang beragam, seperti dari pesantren, SMA/MA, atau SMK, sehingga tingkat penguasaan basic matematika masing-masing individu berbeda. MATRIKULASI juga bertujuan sebagai awal perkenalan antar sesama mahasiswa baru untuk memperkuat hubungan persaudaraan, serta untuk mengurangi kesenjangan yang mungkin terjadi agar proses pembelajaran selama perkuliahan menjadi lebih efektif.

Adapun tujuan kegiatan ini mencakup memberikan bekal basic matematika kepada mahasiswa baru, memperkenalkan mata kuliah program studi matematika, mempererat kekeluargaan di antara mahasiswa baru, dan memperkenalkan para dosen matematika kepada mahasiswa baru.

Tema dari kegiatan ini adalah “SPEKTRUM MATEMATIKA” (Suatu PEngenalan menuju Keakraban dan berTalenta untuk meRaih generasi Unggul Mahasiswa MATEMATIKA). Pelaksanaan kegiatan ini dijadwalkan pada tanggal 10-11 Agustus 2023 dengan format luring, memberikan suasana interaktif dan memastikan keberlangsungan kegiatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Rangkaian acara matrikulasi dimulai dengan sesi pra matrikulasi yang diadakan melalui platform Zoom. Melalui sesi ini, mahasiswa/i calon baru program studi Matematika di UIN Sunan Ampel Surabaya berdiskusi dan bersiap untuk memasuki lingkungan akademik. Setelah itu, dilanjutkan dengan meet up di “Bento Cafe,” di mana mereka diberikan panduan instalasi beberapa software yang akan digunakan selama proses perkuliahan di prodi Matematika UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pada hari pertama matrikulasi, mahasiswa baru diberikan materi pengantar perkuliahan yang disampaikan oleh dosen atau asisten dosen terkait. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara mendalam mengenai materi yang akan dipelajari selama perkuliahan. Hari kedua matrikulasi diisi dengan kegiatan “Have Fun,” di mana mahasiswa diberikan waktu untuk saling mengenal satu sama lain. Acara tersebut juga melibatkan presentasi persembahan dari setiap kelompok, menambah keseruan dan mempererat ikatan di antara mereka. Dengan rangkaian kegiatan ini, diharapkan mahasiswa baru dapat memulai perjalanan akademik mereka dengan semangat dan koneksi sosial yang kuat.