Tak seperti biasanya, Rabu Kliwon, 6 September 2023, suasana Lantai 2 Gedung Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) Kampus Gunung Anyar UINSA tampak begitu semarak. Meeting Room yang dipergunakan sebagai tempat diskusi rutin dosen turut dihadiri jajaran pimpinan Rektorat. Tak tanggung-tanggung, Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad. Dip. SEA., M.Phil. Ph.D. dan ketiga Wakil Rektor, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag.; Prof. Dr. Wiwik Setiyani, M.Ag.; dan Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si. hadir seluruhnya dengan didampingi oleh Dekan FAHUM, Dr. Mohammad Kurjum, M.Ag. 

Seminar hasil riset pagi itu menghadirkan narasumber Prof. Dr. H. Husein Aziz, M.Ag. dengan dimoderatori oleh Masna Hikmawati, M.A. Tema yang dibahas, “Dari Bahasa ke Pemikiran: Kontribusi Ilmu Ma’any pada Pemikiran dan Ilmu Pengetahuan”. Presentasi ini telah memantik pertanyaan dan diskusi yang hangat di antara peserta. Tak terkecuali Rektor yang turut memberi apresiasi bahwa forum diskusi yang berlangsung sangat egalitarian di FAHUM ini seharusnya bisa direplikasi di fakultas-fakultas lain di lingkungan UINSA. Beliau berpesan agar tradisi intelektual ini tak hanya hidup melalui diskusi verbal, tetapi juga didorong agar dapat dikonversi menjadi tradisi tulis ilmiah dalam bentuk semisal artikel jurnal. Jika hal ini bisa dilakukan, maka target One Semester One Article bukanlah sesuatu yang mustahil.

Usai seminar dosen, kegiatan dilanjutkan dengan acara tasyakuran keluarga besar FAHUM. Perhelatan ini merupakan bentuk rasa syukur atas capaian status akreditasi unggul tiga prodi-nya, yaitu Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI), Prodi Sastra Inggris (Sasing), dan Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA). Acara diawali dengan pembacaan doa oleh Dr. Achmad Zuhdi DH, M.Fil.I. Semua berharap bahwa Allah akan senantiasa melimpahkan keberkahan serta raihan prestasi yang gemilang di sepanjang perjalanan FAHUM dan seluruh prodi yang berada di lingkungannya. Selamat dan sukses, FAHUM!